Tol Cikampek-Palimanan Bisa Digunakan Juni 2015

Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek.
Sumber :
  • Jay Bramena/VIVAnews

VIVA.co.id - Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) segera diresmikan. Dengan begitu, jalan tol yang direncanakan ratusan tahun itu, akan segera beroperasi.

Komisaris PT Lintas Marga Sedaya, Sandiaga Salahudin Uno, mengatakan bahwa jalan Tol Cipali merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa

"Proyek Trans Jawa itu sudah dimulai, saat zaman Gubernur Herman Willem Daendels. 400 tahun kemudian, baru selesai dikerjakan," kata Sandiaga dalam acara 'Konferensi Pers Cipali-Duo Challenge' di Senayan Golf Driving Range, Jakarta, Senin 4 Mei 2015.

Untuk peresmiannya, kata dia, akan dilakukan pada waktu dekat. Sehingga, diharapkan bisa dilalui ketika arus mudik tahun ini.

"Diharapkan bisa dioperasikan dan digunakan masyarakat untuk arus mudik Lebaran tahun 2015. Kalau kami, targetnya sesuai kontrak akhir Juni beroperasi. Insya Allah, Juni beroperasi," kata dia

Sandiaga mengklaim, dengan beroperasinya jalan tol ini, mobilitas masyarakat akan lebih mudah. "Mobilitas akan sangat mudah. Sebelum ada tol ini, sangat erat di ingatan kita, kalau kita mudik, di Simpang Jomin bisa 8-9 jam," kata dia.

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan bahwa akan diadakan lomba sepeda dan lari Cipali-Duo Challenge sebagai syukuran beroperasinya jalan tol ini. Lomba yang digelar pada Minggu 24 Mei 2015 ini terdiri atas lomba jarak pendek dan jarak panjang.

BSD Resmi Garap Tender Proyek Tol Serpong-Balaraja

Untuk kategori pendek, jarak lomba lari sejauh lima kilometer dan lomba sepeda 20 km. Sementara itu, untuk kategori jarak panjang, jarak lomba lari sejauh 21 meter dan lomba sepeda sepanjang 90 km.

"Lomba ini merupakan lomba pertama dan terakhir. Kalau jalan tolnya sudah diresmikan, tidak mungkin lagi diadakan lomba lari di jalan tol," tambah Sandiaga. (asp)

Gerbang pembayaran non-tunai jalan tol.

Kepadatan Arus Lalu Lintas Hanya di Halim-Cikunir

Antrean di pintul tol Cikarang satu kilometer.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016