Hati-hati, Delapan Hal Ini Bisa Cepat Kuras Dompet

Ilustrasi belanja.
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA.co.id - Belanja itu memang menyenangkan. Tapi, bukan karena banyak uang kemudian harus selalu membuka dompet lebar-lebar untuk melakukan hal tersebut. Sebab, nyatanya banyak orang yang masih menganggap beberapa hal berikut sangat sepele untuk dilakukan.  

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Padahal, tindakan ini dapat menguras uang lebih banyak. Sebaliknya, jika mampu menahan, maka akan ada uang yang bisa dihemat. 

Mudah termakan promo tidak penting
Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Anda pernah membeli sesuatu kemudian ditawari sebuah hadiah khusus jika mengubah paket yang dibeli? Ketika beli paket makanan cepat saji dan ditawari sebuah bonus CD musik, misalnya.
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah

Demi menarik pelanggan untuk mengeluarkan lebih banyak bujetnya, walau paket yang ditawarkan lebih menarik, namun pastinya akan lebih mahal. Sayangnya, banyak produsen yang melakukan hal ini. Nyatanya, jika tindakan itu menguras uang lebih banyak, haruskah melakukannya?

Gesek kartu kredit untuk barang yang tidak mampu dibeli

Dengan fungsinya yang mudahkan pembayaran, bukan artinya Anda bisa seenaknya gesek kartu kredit untuk membeli berbagai barang. Terlebih benda yang dibeli cukup mahal, yang sebenarnya tidak mampu dibeli. 

Mudah katakan 'yes' pada tenaga sales

Mungkin karena tenaga penjualnya cantik atau ganteng, atau barang yang ditawarkan menarik, tidak ada kata lain selain Yes yang akhirnya dilontarkan ketika seorang tenaga penjual menawarkan sesuatu. Akhirnya, membuka dompet dan membeli benda yang ditawarkan menjadi langkah selanjutnya. 

Suka coba-coba berlebihan

Salon di sudut jalan  itu tampaknya belum pernah dicoba, kafe atau restoran itu menarik juga. Percakapan mana yang sering Anda lakukan?, coba-coba ini memang bisa memunculkan pengalaman baru. Sayangnya, jika sering melakukan lama-lama Anda bisa bangkrut juga.

Tidak suka menawar

Menawar itu perlu, karena itu jangan malas untuk melakukannya. Terkecuali, Anda berbelanja di pusat perbelanjaan modern di mana setiap barangnya telah memiliki label harga. Menawar bukan artinya tidak punya uang. 

Sering belanja kebutuhan kecil

Sering belanja camilan atau beli secangkir kopi di kafe dibanding membuatnya sendiri. Ya, kebutuhan itu mungkin terlihat kecil dan sepele. Sayangnya, jika dilakukan berulang maka tidak sedikit uang yang kita keluarkan. 

Daftar anggota yang tidak terpakai

Saat ini kita masuk ke zaman yang semuanya serba keanggotaan. Mulai dari minimarket, isi bensin, dan lainnya. Kita memang bisa mendapatkan keuntungan dengan keanggotaan tersebut. Sayangnya, semua tidak gratis  untuk mendapatkan kartu keanggotaan tersebut. 

Belanja di supermarket premium untuk barang biasa

Sekilo wortel di supermarket premium apakah sama harganya di supermarket atau pasar biasa? Jawabannya tidak. Jangan hanya gengsi, akhirnya Anda lebih memilih berbelanja di supermarket-supermarket kelas premium tersebut walau kondisi keuangan tidak mencukupi. Nyatanya, benda yang dibeli bisa didapatkan di swalayan biasa dekat rumah.

Semoga Anda bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan Anda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya