Harga Minyak Tembus Level Tertinggi Selama 5 Bulan Terakhir

Ilustrasi Kilang Minyak
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
- Harga minyak mentah internasional terus merangkak naik atas US$60 per barel saat ini. Pada perdagangan Selasa, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik sekitar dua persen di atas US$60 per barel.

Menanti Data Inflasi China, Bursa Asia Dibuka Naik
Seperti yang dilansir VIVA.co.id dari Business Insider, Rabu, 6 Mei 2015, untuk pertama kalinya dalam sekitar lima bulan, harga minyak mentah mencapai titik tertingginya.  Setelah WTI mencapai titik terendah seharga US$43 per barel pada bulan Maret lalu. 

OPEC Berencana Tahan Pasokan, Harga Minyak Naik
Sementara itu, harga minyak mentah Brent, patokan harga minyak internasional, diperdagangkan di harga sekitar US$67 per barel untuk pengiriman bulan Juni. 

Melonjaknya harga minyak mentah terjadi setelah pernyataan Menteri Perminyakan Arab Saudi, Ali Al-Naimi yang menegaskan bahwa harga minyak tidak ditetapkan oleh Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau orang lain di pasar, tapi oleh Allah. 

Meningkatnya ketegangan di kawasan timur tengah khususnya negara-negara produsen minyak, salah satunya Libya juga menjadi salah satu pemicu kenaikan tersebut. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya