Pemerintah Resmikan Pusat Promosi di Korea

VIVAnews - Pemerintah meresmikan pusat promosi (Indonesian Trade Promotion Centre) di Busan Korea Selatan.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

"Pusat promosi didirikan untuk menembus pasar Korea Selatan," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Senin, 1 Juni 2009.

Mari secara langsung meresmikan pusat promosi di Busan di sela-sela menghadiri ASEAN Commemorative Summit di Jeju Island pada hari Sabtu, 30 Mei 2009. "Korea Selatan merupakan negara tujuan ekspor Indonesia ketujuh yang masih punya prospek yang cerah," ujarnya.

Menurut Mari, ITPC perlu didirikan di Busan, mengingat Busan merupakan kota dagang terbesar kedua di Korea Selatan. "Dengan populasi Korea Selatan sebesar 48,85 juta, Korea Selatan merupakan mitra dagang Indonesia yang ditandai dengan peningkatan total perdagangan secara signifikan," ujarnya.

Data BPS menyebutkan, neraca perdagangan kedua negara meningkat sebesar US$ 16 miliar pada 2008 dibandingkan 2007 yang sebesar US$ 10 miliar dengan persentase perubahan 48,7 persen. Dari seluruh total perdagangan kedua negara, nilai ekspor nonmigas Indonesia sebesar US$ 9,5 miliar pada 2008, naik tajam dibandingkan dengan 2007 sebesar US$ 5,7 miliar.

Sebanyak 10 produk nonmigas Indonesia menjadi unggulan diekspor ke Korea Selatan diantaranya, batu bara dan briket, biji tembaga, pulp dan kayu, karet alam, tembaga olahan dan alloy, serat, bahan kimia, plywood, amonia dan elektronik.

Arsenal

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi

Arsenal telah mengidentifikasi tiga posisi prioritas yang perlu ditambahkan ke dalam skuad. Manajer Mikel Arteta meminta kepada manajemen untuk fokus pada prioritas itu.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024