Setelah Kritik World Bank, Jokowi Ditawari Pinjaman

Presiden Joko Widodo di Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden World Bank, Jim Yong Kim, hari ini, Rabu 20 Mei 2015, di Istana Merdeka, Jakarta. Ini adalah pertemuan pertama Jokowi, setelah dia mengkritik World Bank pada saat Konferensi Asia Afrika beberapa waktu lalu.

Kim tiba di Kompleks Istana Kepresidenan pada pukul 08.50 WIB dan langsung disambut oleh Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.

Menurut Bambang, pada pertemuan itu, Presiden Kim menegaskan bahwa Indonesia tetap menjadi mitra World Bank. Dalam pertemuan ini mereka membahas tiga hal yaitu soal ibu melahirkan dan gizi balita, perbaikan iklim usaha di Indonesia dan pengembangan pariwisata.

"World Bank sejalan dengan Pak Presiden mendatangkan wisatawan yang lebih besar ke Indonesia. Itu gambaran singkat pertemuan tadi," kata Bambang.

Sementara itu, dalam konferensi persnya, Kim mengatakan bahwa Jakarta kota yang dipilih pertama kalinya untuk membuka kantor cabang Wold Bank. Dengan Jokowi, mereka membahas mengenai kerjasama yang semakin kuat.

"Kami berbagi tentang pengalaman, investasi yang semakin besar dan beberapa energi pokok," kata Kim.

Bank Dunia, kata Kim, berkomitmen untuk membangun dan memperluas kemitraan dengan Indonesia. Keduanya juga membahas soal infrastruktur Indonesia.

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Saya sangat optimis dengan masa depan Indonesia," lanjutnya.

Dalam pertemuan ini, Indonesia juga kembali ditawari pinjaman dana.

"Dan sekarang kita membahas dengan Bappenas. Terima kasih untuk Pak Bambang (Menkeu). Kami berharap dapat meningkatkan selama dua tahun ke depan," kata dia.

Selain Menteri Keuangan, hadir dalam pertemuan ini Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. (one)

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Sisanya, akan minta anggaran dari APBN.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016