Presiden Bank Dunia Cek Kondisi Dua Pelabuhan di Jakarta

Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia Jim Young Kim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim hari ini, Kamis, 21 Mei 2015, akan mengunjungi dua pelabuhan yang ada di DKI Jakarta. Kedua pelabuhan tersebut dinilai memiliki sejarah tersendiri. 

Pemerintah Bakal Mudahkan Swasta Bangun Pelabuhan
Kedua pelabuhan tersebut menurut Kim, yaitu pelabuhan peti kemas modern, Tanjung Priok dan pelabuhan bongkar muat tradisional Sunda Kelapa. 

Sudah Saatnya Kapal Pelni Pakai e-Ticketing
"Saya diberitahu bahwa dua pelabuhan ini menggambarkan cerita perkembangan pelabuhan di Indonesia," ujar Kim di Jakarta Rabu 20 Mei 2015.

Kim mengatakan, tujuan kunjungannya tersebut untuk mengecek sejauh mana kemungkinan pihaknya dapat berperan perkembangan kedua pelabuhan itu. Dengan demikian diharapkan ekonomi Indonesia juga bisa ikut terdorong.

"Yang satu modern dan penuh dengan alat-alat canggih, yang satu lagi tradisional dan terkendala peralatan yang terbatas," kata Kim. 

Menurutnya, infrastruktur logistik yang memadai menjadi kunci sukses kemajuan ekonomi suatu negara.  Bank Dunia telah menyatakan komitmennya untuk membantu Indonesia untuk mewujudkan hal tersebut. 

Sebagai informasi, dalam pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo kemarin, Bank Dunia telah menyatakan komitmen untuk memberikan pinjaman sebesar US$11 miliar selama 3-4 tahun ke depan.

"Kami sangat berkomitmen untuk membangun dan memperluas kerja sama dengan Indoensia," ujarnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya