Sandal Mendong Indonesia Banyak Digunakan Hotel Luar Negeri

Pengrajin Sandal Mendong
Sumber :
  • Daru Waskita
VIVA.co.id
Tujuh Hotel dengan Layanan Paling Mewah
- Produk kerajinan tangan asli Indonesia, saat ini semakin mendapatkan tempat di pasar Internasional. Salah satu yang mulai menonjol adalah produk sandal berbahan baku tanaman Mendong, yang semakin banyak terlihat di hotel-hotel mancanegara. 

Mau Menginap di Hotel Mewah Terbaik Dunia, Ini Daftarnya
Adalah Rohmad, salah satu pengrajin sandal Mendong di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang mulai mempromosikan sandal ini untuk keperluan di tempat penginapan. Harga yang dibanderol untuk sepasang sendal ini senilai Rp10 ribu.

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
Di hotel misalnya, sandal selop sederhana berbahan plastik, atau kain pasti tersedia di setiap kamar untuk digunakan oleh pemesan kamar tersebut. Pasar itulah yang coba diraih oleh Rohmad untuk melariskan sandal Mendong produksinya.   

Rohmad kepada VIVA.co.id, Jumat 22 Mei 2015, menceritakan secara singkat bagaimana produknya bisa masuk pasar internasional. Awalnya, pemasaran sandal Mendong hanya dijual di objek-objek wisata di DIY. Seiring dengan waktu, penjualan sendal ini naik dan mendapatkan perhatian dari para pengusaha hotel dan penginapan yang ada di Yogyakarta. 

"Sejak saat itulah, maka pasar ekspor mulai terbuka," ujarnya. 

Persaingan di dunia perhotelan yang semakin gencar saat ini, memberi keuntungan tersendiri bagi Rohmad. Keunikan sandal Mendong yang terbuat dari spon dan dilapisi tanaman Mendong, memberikan nilai tambah tersendiri dibandingkan sandal yang biasa disediakan hotel. 

Karena keunikan itu pula, akhirnya sandal Medong produksi Rohmad, saat ini sudah digunakan di beberapa hotel di kawasan Asia, antara lain Malaysia dan Korea Selatan. 

"Untuk sandal jenis Mendong ini banyak diminati di luar negeri, karena memang bahannya ramah lingkungan," tambahnya. 

Namun, sangat disayangkan, Rohmad tidak bisa menikmati keuntungan lebih dari pasar internasional tersebut. Sebab, harga jual produknya di luar negeri sama dengan harga jual dalam negeri, karena pemasarannya tidak dilakukan langsung, tetapi menggunakan perantara. 

"Harga (ekspor) sama,  untuk sepasang sandal yaitu sekitar Rp10 ribu," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya