Anda Ingin Liburan Dengan Nyaman, Ini Tipsnya

Ilustrasi pasangan liburan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tak terasa musim liburan sebentar lagi tiba. Supaya liburan berjalan lancar dibutuhkan persiapan matang. Persiapan matang juga bisa berarti penghematan uang, lho!

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Bulan Juni–Juli bisa dikatakan sebagai bulan liburan nasional di Indonesia. Apalagi, tahun ini libur kenaikan kelas anak sekolah berdekatan dengan Lebaran. Bisa dipastikan banyak orang akan memanfaatkan momen tersebut untuk plesiran, entah sendirian, bersama keluarga, atau teman-teman.

Apa saja yang perlu dilakukan agar Anda mendapatkan liburan menyenangkan yang bukan sekadar membuang-buang uang?

Berikut ulasannya:

1. Rencanakan jauh-jauh hari.

Sejak awal tahun, bahkan sebelumnya, kita sudah bisa mendapatkan jadwal libur sekaligus libur bersama di Indonesia. Manfaatkan informasi itu untuk menyusun rencana liburan jauh-jauh hari. Biasanya harga tiket dan kamar hotel lebih murah jika dibeli lebih awal.

2. Berburu promo kartu kredit.

Sudah banyak kartu kredit yang bekerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan internasional. Masing-masing kartu kredit tersebut menawarkan berbagai kemudahan dan juga promo. Cobalah untuk menghubungi pihak bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda, siapa tahu sedang ada promo liburan yang ditawarkan.

Sering-sering membuka situs atau media sosial milik maskapai penerbangan, agen perjalanan, atau situs yang khusus memberikan informasi paket wisata dan perjalanan murah.

3. Pergi di luar musim liburan.

Jika memungkinkan, aturlah perjalanan wisata Anda saat low season atau di luar musim liburan. Biasanya harga tiket lebih murah dan lebih banyak penawaran menarik.

4. Cari informasi.

Ini terutama diperlukan jika Anda berencana mengunjungi tempat liburan baru. Sebelum berangkat, banyak-banyaklah menggali informasi.

Saat ini banyak blog pribadi yang berisi tentang pengalaman seseorang saat traveling ke sebuah kota atau negara tertentu. Dari pengalaman para pelancong tersebut, Anda bisa mendapat banyak sekali informasi, mulai dari tentang objek wisata, tempat makan, penginapan, tempat penukaran uang, transportasi, dan lain-lain.

Sebenarnya keterangan seperti ini juga bisa dilihat di situs-situs resmi, tapi di blog Anda bisa mendapat banyak informasi tambahan yang berhubungan dengan biaya.

Misalnya, tempat makan yang paling terjangkau, tempat menginap dengan harga sesuai bujet, sampai moda transportasi yang paling hemat. Saat membaca cerita para blogger tersebut, jangan lupa perhatikan tanggal penulisannya, ya. Informasi yang ditulis tahun 2012 mungkin sudah tidak valid lagi saat ini.

5. Riset hotel.

Penginapan termasuk salah satu pengeluaran liburan yang paling besar. Sebelum memutuskan akan tinggal di mana, lakukan riset secara seksama.
Mau di hotel, hostel, apartemen, atau lainnya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Sesuaikan dengan bujet, rencana perjalanan, dan kondisi.

Jika berencana pergi ke banyak objek wisata, mungkin tidak perlu menginap di hotel mahal karena toh hanya akan dipakai untuk tidur malam. Tapi, kalau bepergian dengan bayi atau anak kecil, mungkin kurang nyaman jika menginap di apartemen atau hostel dengan kamar mandi di luar.

Jadi, di sini masalah harga bisa menjadi sangat relatif, tergantung kebutuhan masing-masing.

6. Selektif memilih tempat rekreasi.

Di beberapa negara atau kota selalu ada objek wisata yang jadi andalan. Tapi kadang objek wisata seperti itu berbiaya tinggi. Sebaiknya cari tempat rekreasi lain yang lebih unik dan tetap menunjukkan ciri khas daerah yang Anda kunjungi. 

Taman-taman kota bisa jadi salah satu alternatif karena biasanya tidak dipungut biaya.Di situ Anda juga bisa melihat bagaimana masyarakat lokal berinteraksi satu sama lain.

7. Belanja dengan cermat.

Tempat belanja yang ramai dan jadi sasaran turis seringkali menjual barang-barang dengan harga lebih mahal. Cobalah berburu oleh-oleh ke pasar tradisional atau langsung ke tempat pembuatannya.

Anda bisa mendapat barang unik yang belum tentu bisa ditemukan di toko-toko cinderamata pada umumnya. Berbelanja ke pasar lokal juga akan memberikan pengalaman berkesan yang tak terlupakan.

8. Bawa camilan sendiri.

Selalu bawa air putih dan camilan di dalam tas. Dengan begitu Anda tidak perlu jajan di sembarangan tempat. Selain lebih aman dari segi kesehatan, juga lebih hemat.

Di beberapa kota di luar negeri selalu tersedia tap water atau keran air yang bisa diminum. Dengan membawa tempat sendiri, Anda selalu bisa mengisi ulang air minum.  Tapi, pastikan dulu bahwa keran air yang tersedia memang layak untuk diminum.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

(mus)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016