Mendag: Permintaan Bawang Merah Jelang Ramadan Meningkat

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel Sidak ke Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN
- Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengaku belum pernah mengeluarkan izin impor bawang merah. Menurutnya, jika ada impor bawang merah yang masuk ke Indonesia, itu adalah impor yang ilegal.
Harga Pangan Menurun, Konsumen Kembali Bergairah

''Kita ini kan, negara kepulauan. Ini masuknya di mana, kalau enggak ada izin impor dia pasti selundupan. Bisa dikatakan ini impor ilegal,'' ujar Gobel di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin 25 Mei 2015.
DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok


Soal bibit yang diimpor, dia mengaku belum mengetahui hal tersebut. ''Pokoknya, saya belum pernah keluarkan izin, saya baru akan keluarkan izin,'' katanya.


Lebih lanjut, dia mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian terkait impor bawang ini. Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran, diakuinya, Indonesia memang membutuhkan suplai dari komoditi bawang merah.


''Karena baru tadi pagi saya diskusi dengan mentan, dan dengan melihat kondisi pasar saat ini, kesenjangan suplai dan permintaan itu mulai terasa. Karena, masa panennya dibandingkan dengan kebutuhan kita Puasa dan Lebaran itu tidak ketemu, makanya salah satu alternatif kita ya impor untuk menjaga stabilitas pasar,'' katanya.


Seperti diketahui, pasokan bawang merah impor saat ini sudah mulai membanjiri pasar dalam negeri. Setiap tahun bawang impor masuk saat harga di dalam negeri naik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya