Akik Belum Diakui Internasional sebagai Batu Mulia

Batu Akik Garut
Sumber :

VIVA.co.id - Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi industri batu mulia alias batu akik di Indonesia. Salah satunya, belum diakuinya akik sebagai batu mulia oleh dunia internasional.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

Belum diakuinya akik sebagai batu mulia, kata Menteri Perindustrian Saleh Husin, di Jakarta dalam keterangan tertulisnya, karena Indonesia tak punya lembaga sertifikasi perhiasan. Akibatnya, nilai jual batu mulia Indonesia menjadi tidak kompetitif.

Tantangan yang kedua adalah cadangan bahan baku batu mulia Indonesia menjadi komoditas ekspor dalam bentuk mentah. Harganya pun dijual murah.

"Ketiga, masalah cutting atau pemotongan batu mulia belum sepenuhnya dikuasai oleh pengrajin batu mulia Indonesia," kata dia.

Keempat, penerapan teknologi dengan penggunaan mesin dan peralatan yang modern dalam teknik proses produksi masih sangat minim karena keterbatasan modal investasi.

Kelima, mulai banyaknya bermunculan laboratorium gemology yang dimiliki oleh bangsa lain.

"Oleh karena itu, mengingat potensi dan peluang industri batu mulia di Indonesia yang sangat besar, perlu dilakukan upaya-upaya terobosan untuk meminimalisasi permasalahan yang dihadapi," kata dia.

Beberapa langkah-langkah yang dilakukan Kementerian Perindustrian adalah sebagai berikut.

1. Membentuk lembaga sertifikasi yang terstandar secara internasional sehingga dapat menerbitkan sertifikat batu mulia Indonesia yang diakui oleh dunia internasional.

2. Pelatihan dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia baik di bidang desain, cutting (pemotongan) batu mulia, serta penerapan teknologi terkini

3. Membuat kajian mendalam tentang potensi batu mulia Indonesia sehingga masyarakat dunia dapat lebih mengenal dan memahami batu mulia asal Indonesia.

Sementara itu, lanjut Saleh, lewat Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, pihaknya memberikan berbagai macam insentif untuk menumbuhkan batu mulia, seperti memberikan bantuan mesin dan peralatan pada sentra-sentra batu mulia, memberikan pelatihan peningkatan SDM, memberikan pendampingan tenaga ahli di bidang desain dan cutting (pemotongan), dan memberikan fasilitasi pameran baik di dalam maupun di luar negeri.

Batu Akik Souvenir PON XIX Tahun 2016

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Untuk cenderamata peraih medali emas di PON XIX.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016