OJK Perlonggar LTV, Mandiri Optimis Kredit Naik

Pameran BTN Property Expo
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Pentingnya Investasi Properti Sejak Muda, Ini Alasannya
- Otoritas Jasa Keuangan bersama Bank Indonesia telah menggodok aturan pelonggaran ketentuan uang muka kredit pembelian rumah (KPR), atau
Loan to Value
Hindari Hal Ini Ketika Beli Rumah Pertama Kali
(LTV) di sambut baik PT Bank Mandiri Tbk. OJK akan segera mengumumkan revisi aturan LTV pada bulan depan.

Loan To Value (LTV) adalah rasio nilai kredit yang dapat diberikan bank terhadap nilai agunan di saat awal pemberian kredit.
Beli Rumah Impian Meski Penghasilan Terbatas

Direktur Consumer Banking Bank Mandiri, Hery Gunadi, menyatakan relaksasi LTV tersebut akan menstabilkan pertumbuhan kredit di sektor perumahan yang kini sedang melambat. Pertumbuhan kredit juga akan meningkat.

"LTV kita sambut baik. Ini inisiatif regulator untuk melonggarkan LTV untuk rumah pertama," ujarnya, saat ditemui di Ritz Carlton Jakarta, Rabu 27 Mei 2015.

Hery mengatakan, pemerintah perlu membantu untuk memudahkan masyarakat membeli rumah pertama sebagai salah satu dari kebutuhan primer. Sebab, kebutuhan rumah di Indonesia akan semakin meningkat kedepannya.

"Rumah pertama penting. Kebutuhan rumah di Indonesia tinggi banget. Tahun kemarin, backlog (kekurangan ketersediaan) rumah sekitar 15 juta akan nambah lagi 15 juta dalam 10 tahun akan datang, tetapi suplainya tidak sebanyak itu," tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya relaksasi aturan LTV tersebut, penjualan rumah pertama masyarakat Indonesia akan meningkat. Sementara itu, untuk pembelian rumah kedua dan ketiga biasanya untuk investasi, sehingga masih ada resiko. 

Hery juga optimistis pelonggaran LTV dipastikan memiliki dampak pertumbuhan kredit meningkat. 

"Pasti akan meningkat bila saya lihat, tetapi pertumbuhan kredit pembelian rumah tidak tergantung LTV. Namun, daya beli dan kondisi ekonomi juga faktor suplai-permintaan," ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya