PT PAL Katongi Pesanan Buat 500 Kapal Komersial

PT PAL Indonesia Dapat Pesanan Membuat 500 Kapal Komersial
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji
VIVA.co.id
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
- PT PAL Indonesia (Persero) Surabaya bakal kebanjiran pesanan pembangunan kapal baru, terutama jenis komersial. Sebanyak 500 unit kapal pelayaran rakyat akan ‎dibuat sesuai pesanan ‎dari pemerintah.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

"Anggarannya sekitar Rp25 triliun," kata Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Binsar Panjaitan, saat mengunjungi galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Kamis 28 Mei 2015.
Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah


Menurut Luhut, anggaran sudah tersedia dan pengajuannya ke Kementerian Keuangan, serta tinggal menunggu pencairan, setelah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo. Diperkirakan, dapat dicairkan paling lambat pekan depan.


Proyek prestisius itu melibatkan beberapa galangan kapal nasional dan subkontraktor yang bergerak di bidang perkapalan. Tetapi, PT PAL Indonesia mendapat porsi lebih besar untuk menyelesaikan proyek itu dalam lima tahun ke depan.


"Karena pelra (pelayaran rakyat) ini masuk sebagai bagian dari komponen pendukung tol laut yang dijalankan pemerintah. Apalagi, PT PAL ini mempunyai semua fasilitas yang dibutuhkan dalam pembangunan kapal," kata Luhut.‎


Pembangunan kapal komersial itu diharapkan membuka lapangan kerja baru. Selain bisa meningkatkan daya saing produk dalam negeri, guna menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).


Diharapkan juga, perusahaan pembuat kapal nasional memiliki citra berkelas dunia. Itu dalam rangka keinginan pemerintah membangun infrastruktur tol laut untuk menjadi poros maritim dunia, khususnya di Asia Pasifik.




Direktur Utama PT PAL Indonesia, Firmasyah Arifin, mengatakan bahwa perusahaannya akan melibatkan seluruh galangan kapal di Indonesia, tetapi yang memenuhi kriteria dalam pekerjaan membangun kapal.


"Jadi, harus ada standar program,
standard quality control
yang diberlakukan di semua galangan,” kata Firmansyah.


Dia menyebut, PT PAL memiliki kemampuan produksi dengan berbagai inovasi. Dalam waktu dekat, secara bersamaan, perseroan segera membuat perencanaan besar dalam industri perkapalan di berbagai galangan nasional yang terlibat.


"Kami ingin tampil di sini. Karena sesungguhnya, selain mempunyai kemampuan produksi, kami juga mempunyai kemampuan desain dan
product management
," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya