Jelang Puasa, Harga Sayur Merangkak Naik

Cabai
Sumber :

VIVA.co.id - Dua pekan menjelang Ramadhan, sejumlah harga kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Hal ini terlihat di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Warga Jatuh Bangun Berebut Sembako Bantuan dari Presiden Jokowi

Seperti di pasar tradisional Bantul Kota, harga sayur mengalami kenaikan cukup signifikan. Misalnya, pada Selasa 2 Juni 2015 ini, harga bawang merah kini mencapai Rp33.000 perkilogram. Padahal, pekan lalu harganya sekitar Rp25.000 perkilogram.

Demikian pula harga cabai yang satu pekan lalu hanya Rp15.000 perkilogram, kini naik menjadi Rp18.000 perkilogram atau naik sekitar Rp 3.000 perkilogram.

Ban Pecah, Pesawat Pembawa Sembako di Papua Tergelincir

Karmilah, salah satu pedagang sayur di pasar tradisional Bantul Kota mengatakan, selama sepekan ini harga sayuran yang harganya melonjak relatif tinggi adalah jenis bawang merah dan cabai.

"Untuk harga sayur jenis sawi, kol serta terung juga mengalami kenaikan namun hanya dalam kisaran Rp2.000 perkilogram," ujar Karmilah.

Pembunuh Nenek Penjual Sembako Ditangkap, Ternyata Tetangganya

Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok diakui Karmilah karena permintaan yang meningkat menjelang bulan puasa. Sementara untuk pasokannya tak bertambah.

"Kenaikan harga ini sudah menjadi kebiasaan menjelang berlangsungnya bulan puasa."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya