Pelaku e-Commerce Punya Beban Moral Kembangkan UKM

Ilustrasi bisnis online atau belanja online
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Platform Ini Khusus untuk Belanja Produk Kesehatan
- Industri
e-commerce
Nielsen: Optimisme Konsumen Online Indonesia Meningkat
  atau belanja online
Matahari Mall dan XL Klarifikasi soal Isu Pemblokiran
di Indonesia tidak akan bisa sukses dan berkembang tanpa dukung oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berkualitas. Untuk itu, para pelaku industri tersebut mempunyai kewajiban moral untuk membina dan meningkatkan kualitas UKM.

"Beberapa ciri UKM berkualitas yang saya temui dalam bisnis online selama ini antara lain adalah trustworthy (terpercaya), reliable (dapat diandalkan), mempunyai layanan yang bagus, punya daya kompetitif dan memberikan respon yang cepat kepada konsumen,” ujar CEO Bukalapak Achmad Zaky dalam keterangan resminya, Rabu, 3 Juni 2015.

Dia menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke China beberapa waktu lalu, di negara tersebut, perilaku masyarakatnya telah beralih dari belanja ke pasar hingga belanja melalui online. Kinerja UKM juga luar biasa, jauh lebih profesional jika dibandingkan dengan di Indonesia. 

Menurut Zaky, berjualan online mempunyai nilai-nilai yang berbeda jika dibandingkan dengan berjualan offline. Penjual offline biasanya cenderung tidak akan mau untuk pindah ke online karena ada tuntutan tersendiri dalam dunia bisnis online.

"Tantangan yang ada di Indonesia saat ini adalah UKM mau berjualan secara online dan menerima bahwa dunia sudah berubah di mana akses untuk mendapatkan barang jauh lebih mudah. Selain itu UKM menerima bahwa bisnis online itu sangat kompetitif dan mereka harus siap untuk itu," ujarnya.

Zaky menambahkan tantangan UKM untuk meningkatkan kualitasnya adalah, bagaimana memanfaatkan internet dengan baik. Sehingga mempunyai layanan lebih bagus, lebih reliable dan bisa jauh lebih profesional dibandingkan sekarang.

Zaky optimistis, jika tantangan-tantangan tersebut dijalani dengan baik oleh para UKM maka Indonesia lima tahun lagi bisa menyamai posisi China. Terlebih lagi, karakter masyarakatnya memiliki kemiripan dalam hal daya beli. 

"Berbelanja di UKM marketplace akan memberikan multiplier effect yang luar biasa bagi para pelaku usaha e-commerce, terutama bagi mereka para UKM yang berjualan di marketplace, karena marketplace mempunyai konsep untuk lebih memberdayakan UKM," tambahnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya