Tol Cikopo-Palimanan Diresmikan Presiden Jokowi, 12 Juni

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • Dokumentasi setkab.go.id

VIVA.co.id - Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Juni 2015. Jalan Tol sepanjang 116 kilometer ini, diharapkan bisa mengurangi kepadatan arus mudik 2015 di jalur Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura).

Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Dia mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan bahwa jalan tersebut sudah siap beroperasi, tinggal diresmikan.

''Khususnya yang Pantura, saya baru ditelepon, tol Cikopo-Palimanan tanggal 12 Juni 2015 akan diresmikan Pak Presiden. Itu sebagai bagian dari jalur mudik, mudah-mudahan bisa membantu melayani masyarakat lebih baik,'' ujar Basuki, di kompleks DPR, Jakarta, Rabu 10 Juni 2015.

Kepadatan Arus Lalu Lintas Hanya di Halim-Cikunir

Dia menjelaskan, jalan tol tersebut menjadi bagian proyek tol Trans Jawa dengan panjang keseluruhan sepanjang 668 kilometer. Dia yakin tol ini akan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas saat mudik Lebaran nanti.

''Jalan tol ini akan dapat mengurangi beban lalu lintas di Jalur Pantura,'' tegasnya.

Sementara itu, ungkap Basuki, untuk tarif penggunaan jalan tersebut masih dalam masa pengkajian. Dia menjelaskan bahwa dalam rencana bisnis diperkirakan tarifnya sekitar Rp700 per kilometer.

''Tarifnya masih dikaji, kalau dalam business plan kami kan Rp700 per kilometer, tinggal dikali saja 116,'' ujarnya.

Basuki menambahkan bahwa semua proyek tol Trans Jawa sepanjang 668 km sudah berjalan, hanya tinggal beberapa proyek yang masih terhambat, karena terkendala masalah pembebasan lahan.

''Jadi proyek Trans Jawa sepanjang 668 kilometer, tinggal tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, masih proses pembebasan lahan,'' tuturnya. (one)

Jalan tol JORR

Pengamat: Eksekusi Jalan Tol JORR Seksi S Janggal

Eksekusi sebelumnya dilakukan pada 2013.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016