Ini Alasan Wanita Lebih Boros Dibanding Pria

Ilustrasi wanita belanja di supermarket
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Wanita pada umumnya biasa mengeluarkan biaya untuk membeli peralatan kosmetik, parfum, biaya salon, pakaian dan tas. Tak heran jika pengeluarannya lebih banyak daripada pria.

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
Beberapa wanita mungkin ada yang tidak setuju pada pernyataan tadi. Namun, hal tersebut didukung oleh sejumlah penelitian ilmiah dan survei di lapangan.

Ketika Dompet Tebal Berisi Kertas Kumal
Bahkan, tak hanya untuk keperluan penampilan, wanita juga menghabiskan penghasilannya untuk biaya kesehatan dan persiapan dana pensiun lebih besar dibanding pria.

Untuk lebih jelasnya, ini beberapa alasan wanita lebih boros dibanding pria.

1. Harga kosmetik wanita lebih mahal 

Laporan survei Consumer Report pada 2010, mengungkapkan peralatan kosmetik wanita lebih mahal dibanding pria, meski jenisnya sama, contoh sampo dan deodoran. 

Menurut laporan tersebut, kosmetik wanita mahal, karena dipengaruhi beberapa faktor ini, yakni formula, bahan-bahan yang digunakan, dan kemasan yang disukai oleh wanita. Perbedaan harga kosmetik ini, bahkan bisa lebih dari 50 persen dibanding harga kosmetik pria. 

Hasil  survei tersebut juga didukung oleh studi dari University of Central Florida, yang menyebutkan bahwa sebagian besar deodoran wanita dikenai harga 30 sen lebih tinggi daripada produk pria karena perbedaan aroma dan bentuknya.

2. Biaya kesehatan lebih mahal

Jika membandingkan premi asuransi kesehatan untuk wanita dan pria, Anda akan menemukan bahwa tarif premi asuransi kesehatan wanita lebih mahal daripada pria. 

Hal ini pernah dinyatakan dalam laporan National Woman’s Law Center pada 2012. Bahkan, dalam laporan tersebut diungkapkan bahwa premi asuransi kesehatan untuk wanita perokok lebih mahal daripada pria yang merokok. 

Mengapa ada perbedaaan tarif premi asuransi ini?. Salah satu alasannya adalah wanita memerlukan kebutuhan jaminan perlindungan khusus dibanding pria, seperti perlindungan untuk melahirkan.  

Selain itu, biaya kesehatan wanita lebih mahal, karena kuantitas kunjungan ke dokter. Hal ini telah dibuktikan dalam survei Louis Harris and Associates. 

Dikutip dari askmen.com, survei terhadap 4.350 pria dan wanita ini menyatakan bahwa wanita lebih sering berkunjung ke dokter, yakni tiga kali lebih banyak daripada pria.



3. Hobi belanja

Untuk alasan ini, mungkin beberapa wanita akan melakukan pembelaan bahwa mereka tidak hobi belanja. Tetapi, coba perhatikan toko-toko di pusat perbelanjaan, sebagian besar pengunjungnya adalah wanita.

Tak hanya itu, penyematan wanita hobi belanja ini didukung oleh beberapa survei, salah satunya adalah Brand Marketing Institute (BMI) Research yang meneliti tren belanja online pada 2014 dan Online Shopping Outlook 2015. 

Penelitian dengan demografi usia 18-30 tahun ini membuktikan bahwa para wanita memiliki persentase terbesar sebagai konsumen belanja online, yaitu 53 persen.

4. Perlu biaya pensiun lebih besar

Mengapa wanita perlu biaya pensiun lebih besar dibanding pria? Beberapa data statistik menunjukkan bahwa rata-rata wanita berumur lebih panjang daripada pria. Bahkan, rekor manusia paling tua juga lebih banyak dipegang oleh kaum wanita. 

Untuk itu, wanita mempunyai masa pensiun yang lebih panjang daripada pria. Dengan waktu pensiun yang dimulai bersamaan dan biaya hidup yang sama, wanita memerlukan dana pensiun lebih banyak dibanding pria. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya