Kapan Saat Tepat Pakai Kartu Kredit atau Uang Tunai?

Kartu Kredit
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Kartu kredit adalah alat bayar yang praktis, cepat, dan mudah. Kartu kredit juga bisa digunakan hampir di semua tempat.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Tapi, Anda perlu bijak dalam memakainya, dan tidak mengabaikan pemakaian uang tunai sebagai alat transaksi lain yang bisa Anda gunakan.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Nah, pertanyaannya kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kartu kredit atau uang tunai? Ada beberapa kondisi yang bisa membantu Anda untuk membedakan saat harus memakai kartu kredit atau uang tunai.

Ini kondisi yang bisa bantu Anda untuk membedakannya.

Belanja di luar anggaran

Anda mempunyai janji rapat dengan kolega bisnis atau janji bertemu teman di sebuah pusat perbelanjaan. Saat menunggu, Anda tiba-tiba tergiur membeli barang di salah satu toko. Jika Anda jadi membeli barang tersebut, alat transaksi apa yang Anda pakai?

Anda bisa memakai kartu kredit untuk membayar barang belanjaan tadi, tapi jangan dibiasakan. Sebaiknya, Anda membayar dengan uang tunai karena Anda bisa mengukur pengeluaran yang dilakukan tanpa harus menunggu tagihan kartu kredit.

Anda perlu mengingat bahwa kartu kredit dapat menjadi penyelamat keuangan tapi juga bisa menjadi bumerang jika salah memakainya. (Baca juga: Enam Cara Atasi Utang Kartu Kredit)

Tawaran diskon

Jika singgah ke pusat perbelanjaan, beberapa toko pasti menawarkan produk baru dengan diskon bagi pemegang kartu kredit tertentu. Jika memang memerlukan barang tersebut, Anda bisa menggunakan kartu kredit dengan potongan harga yang bisa menghemat pengeluaran Anda.

Tapi, sebaiknya bandingkan dulu harga barang yang ditawarkan toko tersebut. Cek harga barang yang sebenarnya, yaitu harga sebelum dikenakan diskon. Mungkin saja selisih harga setelah diskon tidak begitu besar dibanding harga asli karena ada pajak dan biaya pelayanan.

Pengeluaran mendadak

Anda bisa menggunakan kartu kredit jika ada anggota keluarga sakit mendadak dan Anda harus membayar biaya rumah sakit, tanpa sempat mengambil uang tunai dalam jumlah besar. (Baca juga: 6 Situasi yang Mendorong Anda Wajib Punya Kartu Kredit)

Saat kendaraan tiba-tiba rusak dan harus dibawa ke bengkel tapi Anda tidak membawa uang tunai, kartu kredit bisa digunakan. Namun, sebaiknya Anda melunasi tagihan untuk keperluan mendadak tadi secara penuh.

Pengeluaran terencana

Penggunaan kartu kredit juga tepat untuk pengeluaran yang sudah Anda rencanakan dalam anggaran sebulan, misal untuk membeli barang yang sudah lama diinginkan. Pastikan Anda sudah menghitung tagihan cicilan dan bunga kartu kredit untuk keperluan tersebut.

Selain itu, Anda bisa memakai kartu kredit untuk pengeluaran rutin, seperti biaya pendidikan anak, tagihan telepon, asuransi, tagihan listrik, dan pajak. 

Tapi, hindari pakai kartu kredit untuk belanja bulanan Anda atau pembayaran lain yang tidak bisa dihitung secara pasti. Sebaiknya pakai uang tunai atau kartu debit untuk transaksi tersebut karena bisa membantu Anda untuk terhindar dari pembengkakan tagihan kartu kredit. (Baca juga: Mau Tahu Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Anda?)

Limit Kartu Kredit

Bijak memakai kartu kredit berarti kenal betul limit kartu kredit yang digunakan. Umumnya, limit kartu kredit tidak lebih dari lima kali pengeluaran per bulan. Jika pengeluaran Anda per bulan sebesar Rp 3 juta, maka limit kartu kredit yang cocok untuk Anda adalah Rp 15 juta.

Jika Anda menghitung limit terlebih dulu, maka pengajuan permohonan untuk menambah limit kredit selanjutnya bisa dipermudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya