Tips Sederhana Berburu Tiket Murah Pesawat

Ilustrasi liburan pakai gadget tablet
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Banyak yang bilang sekitar 60 persen anggaran liburan selalu habis untuk keperluan membeli tiket perjalanan.
 
Persentase tersebut bisa saja benar. Sebab, jadi atau tidaknya perjalanan liburan yang Anda lakukan, tergantung dari bisa mendapat tiket murah pesawat atau tidak.
 
Nah, agar liburan Anda lebih hemat, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berburu tiket murah.

Siap dokumen saat berburu

Tiket murah selalu jadi rebutan. Tidak jarang promo tiket selalu ludes dalam hitungan jam. Di sini kecepatan Anda dibutuhkan. Saat pesan tiket, khususnya cara online, beberapa dokumen dibutuhkan.

Misalnya, kartu kredit sebagai alat pembayaran, kartu identitas, atau paspor bila Anda ingin pergi ke luar negeri.

Bila sudah mempersiapkan dokumen ini, Anda pun akan mudah memburu tiket murah.

Siapkan waktu panjang

Sudah bukan rahasia lagi  tiket murah bisa diperoleh jika dibeli jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.  Biasanya, maskapai penerbangan akan menjual tiket dengan harga 10-30 persen lebih murah.

Bila beruntung, harga 50 persen lebih murah pun bisa Anda dapatkan. Selain itu, faktor kapan Anda ingin berangkat dan pulang juga berpengaruh untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.

Jadi, hitung tanggal berangkat liburan, dan pastikan Anda membelinya dalam waktu tepat. (Baca juga: Kegiatan yang Lebih Menguntungkan Jika Pakai Kartu Kredit)

Jangan tunda beli

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Apakah strategi itu artinya tidak bisa dilakukan untuk tujuan liburan yang akan dilakukan hanya beberapa minggu lagi? Belum tentu. Karena Anda bisa juga membeli tiket mendekati hari liburan.

Tetapi, tiket yang akan dibeli tergantung dari daerah yang akan didatangi. Jika rute yang ingin dibeli adalah jalur yang paling banyak dilayani oleh maskapai penerbangan, maka Anda harus pintar-pintar membaca harga. Karena rute ini biasanya memiliki harga fluktuatif.

Kuncinya, bila menemukan maskapai yang kira-kira menurut Anda sudah menawarkan harga murah, maka langsung beli tiket saat itu juga. Bila sebaliknya, atau rute yang dipilih adalah rute yang sedikit dilayani oleh maskapai, maka itulah saatnya Anda harus menggunakan strategi sebelumnya.

Tepat memilih maskapai

Anda tidak perlu selalu memilih maskapai murah untuk mendapatkan tiket murah. Sebab, bila kebutuhan Anda mendesak atau cepat, terkadang maskapai lain yang dianggap tidak murah akan lebih menguntungkan.

Syaratnya, Anda mesti menghitung dan membandingkan beberapa biaya yang ada pada tiket. Contohnya, adalah harga bagasi, asuransi, dan lainnya.

Dengan cara ini Anda akan mengetahui berapa selisih harga yang bisa didapatkan.

Daftar newsletter dan ikuti media sosial

Satu cara untuk tahu kapan sebuah tiket murah dijual atau dikeluarkan oleh sebuah maskapai adalah selalu tahu promo yang dikeluarkan sebuah maskapai penerbangan.

Hal itu akan bisa didapatkan dengan coba mendaftar langganan newsletter atau keanggotaan dari maskapai penerbangan.

Cara lain dan mudah, ikuti saja akun media sosial yang dimiliki maskapai tersebut. Sebab, Anda akan memperoleh informasi cepat kapan tiket murah akan diluncurkan.

Punya kartu kredit yang berikan promo

Banyak promo tiket pesawat murah yang menyertai kartu kredit tertentu. Artinya, promo akan berlaku jika pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut.

Dari cashback, diskon, hingga cicilan tanpa bunga akan ditawarkan.
Biasanya, kartu kredit yang dibutuhkan di sini adalah kartu kredit co-brand yang bekerja sama dengan sebuah maskapai. (Baca juga: Kenapa Harus Miliki Kartu Kredit Co-brand?)

Keuntungan lainnya, baik melalui newsletter atau melalui lembar tagihan yang Anda dapatkan, Anda juga akan sering menerima pemberitahuan tentang promo yang dikeluarkan oleh suatu maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan kartu kredit yang Anda gunakan.

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016