Utang Itu Seperti Sayuran

Goenardjoadi Goenawan
Sumber :
  • Dokumentasi Haesanmul Gansig

VIVA.co.id - Banyak orang yang terjerat utang.  Utang itu seperti sayuran ada yang baik untuk salad, ada yang baik untuk obat, ada juga yang berbahaya. Berikut ini ceritanya mengapa utang seperti sayuran:

1. Daun salad.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Daun salad atau utang jangka pendek sifatnya harus segar. Jadi misalnya kartu kredit, maka jangan lupa harus dibayar penuh. Ini bukan salad sayuran bulan lalu Anda makan bisa busuk berisi telor ulat.

Mengapa sayuran salad seperti utang jangka pendek harus dibayar penuh? Kesegaran salad terasa segar dimakan. Bila kartu kredit tidak dibayar full seperti sayuran sebulan disimpan maka mungkin sudah banyak ulat. Bunga kartu kredit bisa mencapai 80-90 persen, sepuluh kali lipat bunga kredit KPR.

2. Sayuran bumbu

Sayuran bumbu seperti daun jeruk purut, daun salam, baik untuk bumbu dan sekaligus mengobati penyakit.  Ini disebut utang jangka panjang seperti KPR.

Di Indonesia beruntung harga rumah naik lebih tinggi dibandingkan dengan bunga KPR. Jadi KPR sudah lama dibuat obat investasi jangka panjang.

3. Daun kokain

Alasan Mengapa Harus Segera Lunasi Utang

Di Aceh dan negara di Afrika banyak daun yang mengandung candu memabukkan. Misalnya Anda spekulasi Rumah. Saat masih brosur Anda cicil. Saat rumah sudah jadi harganya naik. Ya kalau naik, mungkin terasa manis bertahun-tahun Anda rasakan. Tapi ada orang sampai mencicil 12 Rumah. Astaga.

Ketika pasar properti menurun maka komplikasi seperti pasien narkoba. Sulit ditangani.  Daun-daun model begini marak seperti biji kinang laku di Taiwan lewat prostitusi. Ini gejala buruk masyarakat.

4. Daun teh

Daun teh, biji kopi, dan merica sangat baik diminum sedikit di pagi hari tapi jangan terlalu banyak. Ini namanya utang plafond kredit distributor. Tapi sekarang banyak perilaku berlebihan dengan coffee.

Gaya hidup tinggi banyak terjadi minum kopi harganya Rp50-60 ribu secangkir. Ini seperti distributor toko emas. Dia dapat modal term of payment 30 hari dan menjual cash di toko perhiasan di mal. Selisih tempo pembayaran semakin lama membesar dianggap uang nganggur Rp2-3 miliar mulailah dia hidup ala pangeran minyak.

Banyak showroom sepeda motor yang akhirnya memiliki term plafond kredit dari ATPM agen tunggal pemegang merek akhirnya harus mengagunkan tanah, rumah dan rukonya semua untuk menanggung plafond kredit. Ini merupakan cara principal mengikat distributor.

6. Cabe merah

Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Berinvestasi

Banyak yang suka cabe rawit pedas. Sedikit terasa nikmat tapi lama-lama doyan dan bisa mengakibatkan sakit maag. Seperti kredit cicilan beli hand phone, sepatu, bahkan iming-iming tour travel murah ke Seoul atau Tokyo. Ini kelihatan menarik tapi bisa menjerat cicilan kartu kredit Anda tidak bisa dibayar penuh karena beban tiap bulan memberatkan.

7. Anggrek

Ada daun anggrek kelihatannya menarik seperti asuransi reksadana. Ketika membeli Anda tidak membayangkan merawatnya dan bunganya menunggu lama bertahun-tahun untuk dinikmati. Asuransi reksadana bukanlah seindah bunga anggrek tapi kewajiban anda membayar bertahun-tahun membutuhkan disiplin. Ini bunga untuk kalangan atas.

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Ex Vice President Director PT Lotteria Indonesia. Konsultan dan Motivator tentang Paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku Manajemen. Buku terbaru eBook Money intelligent 3 Apakah itu Uang. Untuk memiliki eBook silahkan email goenardjoadi@gmail.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya