Empat Jurus Jitu Bebas dari Tunggakan Utang Kartu Kredit

Ilustrasi E-commerce
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Berapapun total tagihan
kartu kredit
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
, Anda memiliki kewajiban untuk membayarnya. Sayangnya, banyak orang yang akhirnya terjebak dengan tunggakan yang akhirnya tidak terbayarkan. 

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
Salah satunya alasannya adalah karena lupa atau terlewat dengan tanggal jatuh tempo. Berikut adalah empat jurus jitu yang wajib Anda miliki agar tidak terjebak dalam utang kartu kredit.

Buat catatan dan tanggal khusus

Terlihat manual memang, namun terkadang ampuh. Caranya, mulailah membuat catatan khusus untuk tagihan kartu kredit. Tempel pengingat ini di tempat yang gampang terlihat dan sering Anda lewati. 

Cara lainnya, buat catatan beserta alarm di gadget Anda. Buat dan tetapkan satu tanggal khusus di mana harus melakukan pembayaran dari semua tagihan kartu kredit yang dimiliki. 

Pilihlah cara yang menurut Anda sangat mudah dilakukan dan bisa dilaksanakan secara konsisten. 

Daftar SMS dan e-mail

Coba daftar dan aktifkan pengingat otomatis melalui pesan SMS atau e-mail tentang semua transaksi dan tagihan yang Anda miliki. Dengan begitu, setiap transaksi yang dilakukan akan mendapatkan notifikasi dari bank penerbit kartu. 

Fitur ini pun berguna untuk membantu Anda menghindari transaksi yang mencurigakan.

Pengingat tagihan melalui SMS saat ini mayoritas bank penerbit sudah secara otomatis mengaktifkannya begitu seseorang mengajukan aplikasi dan mendaftar kartu kredit. Tetapi, untuk fitur e-statement atau tagihan yang dikirimkan melalui email, harus mendaftarkannya terlebih dahulu. 

Gunakan debit otomatis

Debit otomatis cukup mudah dan efektif. Syaratnya Anda wajib memiliki tabungan atau rekening di bank yang sama dengan penerbit kartu kredit yang dimiliki. 

Cukup daftar dan atur tanggal pembayaran dengan menghubungi bank tersebut. Selanjutnya, bank pun akan langsung membayar tagihan kartu kredit dengan memotong tabungan yang Anda miliki sesuai dengan tanggal yang ditetapkan.

Fitur ini pun mencegah Anda terlambat untuk membayar tagihan dan melewati tanggal jatuh tempo. Syaratnya, uang yang ada di rekening tabungan Anda pun harus selalu ada dan siap untuk dilakukan debit otomatis.

Miliki kartu sesuai kebutuhan

Berapa jumlah kartu kredit yang Anda miliki saat ini? Sebab tunggakan pembayaran kartu kredit bisa disebabkan oleh banyaknya kartu kredit yang dimiliki.

Bayangkan bila Anda memiliki lebih dari 3 kartu kredit, tentunya Anda harus mengingatnya tanggal jatuh tempo yang dimiliki tiap kartu. Sulit bukan? Oleh karena itu, mliki kartu sesuai kebutuhan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengingat tagihan agar tidak terkena denda dan mengatasi tunggakan kartu kredit. Namun, hal lain yang wajib dilakukan adalah memeriksa tagihan setiap bulannya.

Dengan begitu Anda bisa tahu jika ada transaksi mencurigakan yang tidak pernah dilakukan, dan Anda bisa segera melakukan klaim.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya