TNI Amankan Seluruh Aset Vital Pertamina

Kilang minyak Pertamina.
Sumber :
  • Pertamina
VIVA.co.id
Lumpur Meluber ke Rumah Warga, Ini Penjelasan Pertagas
- PT Pertamina (Persero) memastikan akan tetap bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengamankan aset-aset vital Pertamina di seluruh Indonesia.
Lumpur Pipa Pertagas Luber, Kementerian ESDM Kirim Tim

Kepastian kerja sama itu tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman tentang kerja sama pengamanan obyek vital nasional strategis. Nota kesepahaman ini memperpanjang kerja sama kedua belah pihak sejak tahun 2013.
Lumpur Akibat Pengeboran Pipa Pertagas Genangi Jalan Bekasi


Direktur Utama PT Pertamina,  Dwi Soetjipto menjelaskan, kerja sama ini meliputi pengamanan obyek vital nasional strategis melalui pendekatan bina teritorial, yaitu pemberdayaan masyarakat di wilayah pelosok, terpencil, dan miskin. Kerja sama ini juga mencakup pelatihan serta pemanfaatan fasilitas para pihak untuk kepentingan negara.

 

"Penandatanganan nota kesepahaman terkait kerjasama ini sudah dilakukan antara Pertamina dan TNI ini sejak tahun 2013," kata Dwi dalam keterangan tertulisnya, Senin 29 Juni 2015.


Dwi mengatakan, bahwa BUMN energi ini dan TNI akan bersinergi dalam mengamankan aset-aset sektor energi yang ada di dalam pengelolaan Pertamina lewat pendekatan bina teritorial.


Sementara itu, Jenderal TNI, Moeldoko mengatakan, Pertamina punya peran penting dan strategis dalam militer.


"Alutsista secanggih apa pun tak akan ada artinya apabila tak ada bahan bakar. TNI akan melakukan yang terbaik untuk mengamankan aset strategis Pertamina," kata dia.


Sekadar informasi, Pertamina mengelola aset-aset strategis objek vital nasional, seperti aset-aset hulu migas dan geothermal, kilang-kilang minyak, terminal BBM, hingga SPBU yang digunakan untuk menyalurkan kebutuhan BBM nasional.


Aset-aset tersebut tersebar di seluruh wilayah nusantara sehingga memerlukan dukungan dari institusi negara, dalam hal ini salah satunya TNI, untuk mengamankan dari kemungkinan adanya gangguan serta ancaman yang berpotensi memberikan dampak serius terhadap ketahanan energi nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya