Pasar Saham Asia Dibuka Kompak Menguat

Aktivitas di Bursa Efek Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVA.co.id - Pasar saham Asia dibuka kompak menguat pada perdagangan Selasa, setelah sempat melemah akibat aksi jual sebelumnya, yang merupakan dampak dari krisis Yunani.

Dikutip dari CNBC, Selasa 30 Juni 2015, akibat Yunani tidak mampu membayar cicilan pinjaman ke Dana Moneter Internasioanl (IMF), karena tidak mendapat pinjaman dana dari kreditor, menyebabkan kondisi keuangan negara tersebut krisis.

Indeks Nikkei 225 dibuka menguat 0,32 persen ke level 20.174,61 dari penutupan sehari sebelumnya di 20.109,95. Indeks Nikkei terus menguat, dengan level tertinggi 20.199,42 dan terendah 20.136,49.

Saham produsen mobil seperti Toyota Motor, Nissan, dan Suzuki Motor dibuka positif antara 0,2 persen - 0,8 persen.

Selain itu, saham Mitsubishi UFJ Financial Group dan Mizuho Financial merosot lebih dari satu persen. Sedangkan Softbank dan Fanuc masing-masing kehilangan satu persen dan 1,5 persen.

Sementara itu, Japan Post akan mengajukan aplikasi dengan Bursa Efek Tokyo untuk mendaftarkan perusahaan induk dan unit yang ada di Japan Post Bank dan Japan Post Asuransi hari ini.

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah

Bursa saham Asia lainnya, seperti indeks patokan Korea Selatan juga bergerak positif seperti indeks saham utama Nikkei. (asp)

Bursa Efek Australia atau Australian Securities Exchange (ASX)

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS

Investor mencermati siapa presiden AS yang baru.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016