Enam Alasan Kenapa Gunakan Kartu Kredit Menguntungkan

Kartu kredit.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Banyak diantara Anda yang mungkin punya salah pengertian tentang cara penggunaan kartu kredit bahwa kartu kredit adalah kartu utang yang bisa mengganggu rencana finansial Anda.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Eits!, Mulai saatnya Anda berpikir sebaliknya dan menyingkirkan momok kartu kredit sebagai kartu utang. Karena produk finansial yang satu ini sejatinya berfungsi sebagai alat pembayaran.

Sederhana saja, di era modern yang semuanya serba digital dan cepat ini, membawa uang tunai kemana pun Anda pergi tak efektif lagi. Beralihlah menggunakan "uang plastik" ini dan nikmati keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Berikut ini enam keuntungan menggunakan kartu kredit dibandingkan dengan uang tunai, atau kartu debit :

1. Meningkatkan BI Checking Anda

Menggunakan kartu kredit untuk setiap belanja dengan nilai kecil, atau pun besar sekalipun berpotensi meningkatkan BI Checking (proses pengecekan) Anda. Untuk informasi BI checking, yaitu laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi riwayat kredit atau pinjaman seorang nasabah kepada bank, atau lembaga keuangan non bank.

Tapi ingat, portofolio ini jangan sampai runtuh gara-gara Anda salah mengelolanya dan malah terjebak utang. Tentunya, Anda harus seksama menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran dan membayar tagihannya tepat waktu.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Jadi, jika suatu saat nanti Anda membutuhkan pinjaman uang di bank, rekam jejak Anda sebagai pengguna kartu kredit aktif akan berguna.

Bank akan dengan mudah menyetujui aplikasi pinjaman Anda dan bisa mendapatkan bunga yang lebih rendah, jika Anda punya catatan kredit yang bagus, atau Anda sering menggunakan fasilitas finansial bank tersebut loh.

Jangan harap aplikasi Anda akan mudah, jika Anda tak punya rekam jejak kredit yang baik. Karena untuk meminjam di bank, selain agunan Anda nilainya cukup, Anda juga harus punya rekam jejak yang bagus.

Kadang, bank bisa menolak pengajuan kredit konsumtif meskipun agunannya besar, namun sebaliknya BI Checking si nasabah jelek.

2. Cepat dan mudah

Cara bayar dengan hanya menggesek lebih cepat, dan memudahkan Anda. Bayangkan jika Anda harus membayar dengan uang tunai untuk belanja yang nilainya puluhan juta, ribet kan?.

Uang plastik yang satu ini memang menjadi solusi yang paling mudah untuk segala jenis transaksi Anda untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya belanja baju di mal, tetapi juga saat belanja makanan, peralatan rumah tangga, maupun saat makan di restoran.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan nol persen untuk membeli gajet, atau pun peralatan elektronik di online shop maupun toko tertentu.

3. Ada laporan pengeluarannya

Jika Anda menggunakan kartu kredit untuk setiap belanja yang Anda lakukan, tentunya Anda dapat dengan mudah memeriksa laporan pengeluaran.

Anda tidak perlu membuat laporan pengeluaran terpisah, karena otomatis tersimpan dalam database kartu kredit Anda. Dengan laporan pengeluaran ini, tentunya lebih mudah bagi Anda melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan tiap bulan.

4. Tagihan otomatis

Anda tak mau lupa membayar tagihan rutin tiap bulan? Seperti tagihan listrik, PDAM, telepon, dan sebagainya?

Cukup gunakan kartu kredit dengan mendaftarkannya untuk membayar tagihan itu secara otomatis. Anda tak perlu repot mengingat-ingat setiap tanggal berapa harus bayar tagihan itu, karena otomatis dibayarkan kartu kredit. Apakah ada cara yang lebih mudah lagi?

Lagipula Anda tak perlu terkena risiko denda, karena telat bayar tagihan. (Baca juga: Waspadai 7 Dampak Negatif Kartu Kredit)

5. Banyak toko, atau restoran menerima kartu kredit

Belanja bulanan di supermarket, beli tiket bioskop, membeli bensin mobil atau makan malam di restoran, mudah. Sangat banyak tempat pembelanjaan yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit.
(Baca juga: 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit)

6. Bisa dapat tiket pesawat gratis

Beberapa kartu kredit memiliki program bundling yang bekerja sama dengan program frequent flyer maskapai penerbangan. Gunakan kartu kredit selalu untuk membayar tiket pesawat Anda, dapatkan potongan harga, atau bahkan tiket gratis dengan layanan itu.

Bahkan, jika Anda bepergian untuk tujuan dinas kantor, lebih baik gunakan kartu kredit dan minta uang reimbursement pada kantor. Semakin sering menggunakan kartu kredit, poin frequent flyer bertambah, dan kesempatan Anda memenangkan hadiah tiket pesawat gratis. (Baca juga: Enam Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit)

Tidak Punya Uang? Tidak Masalah!

Dengan berbagai kemudahan tersebut, Anda tentunya tak perlu khawatir mati gaya jika tak tersedia uang tunai di kantong Anda atau saat ada keperluan mendadak.

Sebab, semua hal itu bisa digantikan oleh peran Kartu Kredit. Meskipun begitu, bijaklah dalam menggunakannya, agar manfaatnya bisa lebih dirasakan.

Jadi, masih ada alasan lain untuk tak menggunakan kartu kredit? (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya