Warga Surabaya Bisa Mudik Gratis, Ini Syaratnya

Kemacetan parah di Pantura
Sumber :
  • TvOne/Ajang Bramena

VIVA.co.id - Pemerintah Daerah Jawa Timur (Jatim) memberikan fasilitas mudik gratis bagi warganya yang mau pulang ke kampung halamannya.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi

Persyaratan mudik gratis untuk masyarakat yang ada di Surabaya cukup mudah. Calon pemudi, cukup menyiapkan persyaratan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Persyaratan itu diserahkan ke Panitia Penyelenggara Angkutan Lebaran Terpadu 2015, yakni Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Provinsi Jatim di Jalan Ahmad Yani 268, Surabaya, Jawa Timur.

"Untuk pendaftaran mudik gratis jalur laut (kapal) dan jalur darat Kereta Api (KA) sudah dimulai sepekan lalu. Sedangkan untuk jalur darat bus, pendaftaran dibuka sejak 27 Juni sampai jumlah penumpang penuh," ujar Wahid Wahyudi, dikonfirmasi di Surabaya, Kamis 2 Juli 2015.

Wahid menjelaskan, ada tiga jenis moda angkutan yang disediakan, yaitu bus, kapal laut jalur khusus, dan kereta api. Wahid mengaku sudah menyediakan tiga buah kapal laut, yaitu kapal rute Surabaya-Masalembu, Surabaya-Kalianget-Kangean dan Surabaya-Banyuwangi-Sapeken.

"Nah, tiga buah kapal itu nantinya total akan melayani 12 trip dengan mengangkut sebanyak 2.400 penumpang. Untuk pendaftaran mudik melalui kapal laut dimulai 22 Juni sampai tiket habis. Dan, akan mulai diberangkatkan pada H-6," terangnya.

Sementara itu, untuk jalur darat Kereta Api (KA), Dishub JatimĀ  akan memberangkatkan pada H-4.

"Untuk KA kami siapkan 14 rangkaian atau 14 trip. Per rangkaian (lima gerbong kereta) mengangkut 480 penumpang. Total 6.720 penumpang sampai H-4. Pendaftaran KA bisa melalui online atau stasiun terdekat dan pendaftaran mulai sekarang sampai tiket habis," bebernya.

Sedangkan untuk jalur darat, Dishub Jatim menyediakan sekitar 611 bus yang akan melayani masyarakat dalam mudik dan balik gratis.

"Pak Gubernur, yakni Pemprov Jatim meyiapkan sebanyak 470 bus, ditambah 50 bus dari Jasa Raharja, dan 15 bus dari Pemkab Sidoarjo, dan sisanya bekerja sama dengan pihak lain. Nantinya, per bus mengangkut 55 penumpang, dan akan mulai pemberangkatan pada H-4 sampai H-1," tambahnya.

Selain mengangkut penumpang, Dishub dan LLAJ Jatim juga membuka pendaftaran untuk mengangkut kendaraan berupa sepeda motor. Pada Lebaran tahun ini, rencana akan diberangkatkan 400 unit kendaraan roda dua milik pemudik. Pemberangkatan kendaraan roda dua ini akan dilaksanakan sehari menjelang lebaran atau H-1.

"Pendaftaran mudik motor ini dilaksanakan pada 27 Juni hingga tiket habis di kantor Dishub LLAJ Jatim. Syaratnya adalah menyerahkan foto copy KTP dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)," ungkapnya. (asp)

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih
Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau pelayanan KRL Commuter Line

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi

Kebijakan itu sedang digodok oleh Kementerian BUMN dan Perhubungan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016