Mudik Nyaman dengan Transaksasi Nontunai

Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang.
Sumber :
  • Rebecca Reifi Georgina / VIVA.co.id

VIVA.co.id - Saat ini, beberapa transaksi pembayaran bisa digantikan kartu sehingga tak lagi membutuhkan uang tunai. Bukan saja kartu kredit, namun ada beberapa kartu-kartu lain yang diciptakan khusus untuk transaksi pembayaran.

Dengan bantuan beberapa kartu pembayaran plastik ini, hiruk-pikuk rencana mudik Lebaran pun bisa semakin dimudahkan tanpa harus membawa banyak uang tunai.

Bahkan, dengan alokasi uang pada beberapa kartu plastik tersebut, Anda bisa mengurangi risiko kehilangan uang dalam perjalanan mudik atau saat merayakan Lebaran.

Selain itu, perhitungan cermat yang sudah disiapkan sebelumnya setidaknya tidak meleset dengan mekanisme pembayaran nontunai. Sebab, Anda sudah bisa menyiapkan dana sebesar estimasi biaya yang dibutuhkan pada setiap kartu pembayaran. Jadi, apa saja biaya yang bisa dikeluarkan tanpa uang tunai tersebut?

1. Bayar tol

Jalan bebas hambatan atau tol kerap menjadi pilihan para pemudik jalur darat. Terlebih dengan diresmikannya pengoperasian jalan tol terpanjang di Indonesia, yaitu Tol

Cikampek – Palimanan (Cipali) pada awal Juni 2015 lalu. Sudah dipastikan para pemudik jalur darat di Pulau Jawa akan memilih jalur bebas hambatan ini.

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah

Sudah kita ketahui, kehadiran gerbang tol khusus untuk transaksi dengan kartu pra-bayar bisa menjadi pilihan Anda. Bahkan, biasanya antrean di gerbang tol ini tidak sepadat antrean di gerbang lainnya. Baca juga: Maksimalkan Kartu Kredit Ketika Momen Great Sale Lebaran

2. Beli BBM

Untuk melakukan hal ini, pastikan Anda memilih SPBU yang melayani pembayaran secara debit atau menerima kartu kredit. Bila Anda menggunakan kartu kredit, bahkan ini

bisa menjadi kesempatan Anda untuk mengumpulkan poinreward sebanyak-banyaknya dengan transaksi yang dilakukan. Selanjutnya, poin yang terkumpul bisa digunakan untuk mendapat voucher, gadget, bahkan tiket pesawat tanpa membayar. Baca juga: Cek 5 Hal Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik

3. Belanja logistik

Kebutuhan perbekalan dalam perjalanan mudik juga bisa dilakukan tanpa uang tunai. Caranya adalah, gunakan kartu debit atau kredit saat berbelanja di supermarket.

Biasanya berbelanja di minimarket selalu bermasalah dengan ketiadaan uang kembalian yang cukup. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu pusing dengan masalah seperti itu.

4. Bayar makan

Demi hal ini, Anda juga wajib untuk memastikan bahwa tempat makan yang dipilih adalah yang menerima pembayaran non tunai. Salah satu caranya, cobalah untuk singgah di rest area atau mal untuk makan di restoran sebelum melanjutkan perjalanan.

 Sebab, di tempat itulah biasanya berbagai penyedia kartu kredit bekerja sama dengan restoran untuk memberi pengguna kartu kredit diskon atau promo. Ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran saat mudik. Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Pakai Kartu Kredit atau Uang Tunai?

5. Bayar tiket wisata

Lebaran identik dengan liburan bersama keluarga. Mengapa Anda tidak menentukan terlebih dahulu tujuan tempat wisata yang bisa dilakukan dengan transaksi uang tunai. Bahkan, biasanya banyak promosi yang ditawarkan situs jual beli online untuk beberapa tiket tempat wisata tertentu.

Karena itu tidak ada salahnya jika Anda membeli tiket tersebut terlebih dahulu. Selain lebih terencana, pembelian tiket secara online biasanya juga disertai promo potongan harga sehingga Anda bisa menjadi lebih hemat.

Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah
Ilustrasi pendidikan

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini

Ada diskon bila Anda rajin mencari informasi.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016