Dilewati Banyak Pemudik, Pasokan BBM Jateng Ditambah

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Kendaraan pemudik yang akan menuju berbagai wilayah di Jawa Tengah, dipastikan akan tumpah di pintu keluar Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali), tepatnya di exit tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

Cara Pasang Lebih dari Satu BBM dalam Satu Smartphone

Diprediksi, tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di wilayah tersebut akan sangat tinggi dibanding hari-hari biasanya.

Mengantisipasi hal itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan melakukan berbagai upaya untuk mengurai permasalahan kekurangan BBM bagi kendaraan pemudik di exit tol Pejagan. Salah satunya meminta PT Pertamina untuk menambah persediaan BBM di kawasan tersebut
Kembangkan BUMDes, Menteri Eko Minta Saran Gubernur Ini

"BBM dari Pertamina semua sudah ditingkatkan. Utamanya di keluar Tol Cipali, termasuk Pejagan sampai Brebes. Karena, Jateng dapat limpahan yang luar biasa. Maka, konsumsi BBM ini tinggi," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa 7 Juli 2015.
Ketersediaan LPG & BBM Jelang Lebaran, Harus Terkontrol

Ganjar juga meminta, Pertamina segera menyiapkan cadangan BBM tersebut tidak hanya di pintu tol Pejagan, tetapi di sejumlah titik seperti Brebes dan Tegal yang menjadi titik awal keluar Tol Cipali.

"Jadi, cadangan BBM ini harus terpenuhi, kami antisipasi lebih awal, agar kendaraan bisa terpenuhi semuanya, " tambahnya.

Perwakilan Pertamina Jateng dan DIY, Kusnandar menyatakan, pihaknya telah menyiapkan persediaan BBM untuk keperluan arus mudik Lebaran 2015 ini. Termasuk, antisipasi BBM cadangan di pintu tol Cipali di exit tol Pejagan.

Pihaknya memprediksi peningkatan konsumsi BBM jenis Premium selama H-10 Lebaran hingga arus balik nanti cukup besar. Untuk jenis Premium meningkat sebesar 40 persen dibanding hari-hari biasanya, sedangkan untuk jenis Solar kenaikan diprediksi tujuh persen dan Pertamax 50 persen.

Selain menyediakan cadangan BBM untuk kendaraan roda empat, lanjut dia, pihaknya juga melakukan antisipasi untuk kendaraan roda dua dengan BBM cadangan dengan kemasan khusus.

"Ada juga nanti Premium dan Pertamax kemasan kaleng yang kami siapkan. Untuk pengendara roda dua, ini sangat membantu daripada harus antre di SPBU," jelas dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya