Saham Eropa Stabil Menjelang Pertemuan Para Pemimpin UE

Publik Yunani mengantri di mesin ATM, Minggu, 28 Juni 2015.
Sumber :
  • REUTERS/Stefanos Rapanis

VIVA.co.id - Indeks saham di sejumlah bursa utama Eropa pada awal perdagangan Selasa 7 Juli 2015 bergerak stabil. The Euro STOXX 50 naik 0,2 persen, setelah anjlok 2,2 persen pada Senin ini. Indeks Jerman, DAXX naik 0,3 persen, sedangkan Indeks Italia FTSE MIB naik 1,4 persen.

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat

Seperti dikutip dari Reuters, pasar Eropa stabil menjelang pertemuan para pemimpin zona euro di Brussels pada Selasa sore waktu setempat. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras diharapkan untuk mempresentasikan proposal bantuan dana talangan untuk menyelamatkan negaranya dari kebangkrutan.

Jerman dan Prancis sudah menyatakan bahwa pintu masih terbuka untuk sebuah kesepakatan menyelamatkan yunani dari guncangan ekonomi dan keluar dari zona euro.

Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan

"Sangat sulit apakah reaksi kecil ini karena pasar tidak terlalu khawatir tentang keluarnya Yunani dari euro atau karena pemberitaan media yang mengarahkan pasar untuk meyakini bahwa sebuah kesepakatan akan terjadi pada akhirnya," kata analis strategis Royal Bank of Canada (RBC), Peter Schaffrik.

Mata uang euro jatuh 0,3 persen ke level US$1,1, tapi masih lebih tinggi dari perdagangan Senin, yang diposisi US$1,09.

Konsumen di Asia Kian Bergairah, Ungkap Survei Nielsen

Banyak manajer aset percaya keluarnya Yunani dari euro masih dapat dihindari. Namun, banyak juga yakin goncangan di Yunani akan menjalar ke negara-negara zona euro lainnya. (ren)

 Rig minyak

Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah

Tren ini terjadi jelang pertemuan rutin OPEC di Aljazair bulan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016