Perbatasan RI Bakal Disulap Jadi Sentra Perdagangan

Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi
- Pemerintah mulai memfokuskan pembangunan kawasan perbatasan. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, sebagai Ketua Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), akan mengebut pembangunan daerah perbatasan mulai tahun ini.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher
Tjahjo mengatakan, rapat kabinet terbatas memutuskan, kawasan perbatasan akan dijadikan sentra-sentra perdagangan utama di Indonesia.  

Jokowi 'Semprot' Ahok Soal Serapan Anggaran
"Saya sebagai ketua badan perbatasan sudah mengeluarkan instruksi, tujuh perbatasan utama yang dipercepat pembangunannya. Di antaranya Entikong (Kalimantan Barat) yang lebih besar," kata Tjahjo, Selasa 7 Juli 2015.

Dia mengatakan, hal utama yang harus dikebut adalah pembangunan infrastruktur dasar, salah satunya jalan-jalan utama di perbatasan. Setelah itu baru sarana-sarana penunjangnya. 

"Yang paling penting sasaran Presiden, satu dua tahun ini, wajah perbatasan kita harus lebih baik dari Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste. termasuk pasarnya, semua hal," jelas Tjahjo.

Menurut dia, hal tersebut merupakan pekerjaan utama Menteri Pekerjaan Umum dan pemerintah daerah. Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri akan menyiapkan master plan nya pembangunannya. 

"Selama ini anggaran maksimal tapi hasilnya belum nampak. Mudah-mudahan dua tahun ke depan, tampak hasilnya," kata mantan Sekjen PDI Perjuangan ini. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya