Bandara Adisutjipto Tambah 17 Penerbangan Ekstra

Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta
Sumber :

VIVA.co.id - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, menerima permintaan sebanyak 17 extra flight (penerbangan tambahan) yang diajukan lima maskapai rute domestik dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2015.

Hujan Lebat, Bandara Adisutjipto Yogyakarta Ditutup

Kelima maskapai itu adalah Garuda, Citilink, Nam Air, Sriwjaya Air, dan Batik Air.

Dari 17 extra flight tersebut, 11 penerbangan akan dilakukan pada jam operasional bandara, yaitu pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, sedangan enam extra flight akan dilakukan di atas jam 21.00 WIB.

"Terbanyak pengajuan extra flight diajukan oleh maskapi Garuda dan Citilink, dengan tujuan Jakarta-Yogya," kata Edwin Wibowo, Humas AP 1 Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Kamis 9 Juli 2015.

Ia mengatakan, untuk puncak arus mudik diperkirkan akan terjadi pada H-3 hingga H-2 Lebaran, dengan jumlah kedatangan penumpang mencapai di atas 14 ribu orang.

"Untuk puncak arus mudik Lebaran tahun 2014, yang jumlah penumpang mencapai 14.400 penumpang," kata Edwin.

Sementara hari ini, Kamis, kepadatan penumpang di bandara Adisutjipto sudah terlihat. Di terminal kedatangan, jumlah penumpang yang datang sudah mencapai 9.000 orang, naik dibanding hari sebelumnya sekitar 7.000 penumpang.

"Untuk kedatangan dari luar negeri yang bisanya hanya 400 penumpang kini meningkat hingga 600 penumpang, dengan dua kedatangan pesawat dari Malaysia dan dua pesawat dari Singapura," tuturnya.

Edwin menambahkan, untuk menampung jumlah penumpang yang akan datang maupun berangkat, AP II mendirikan delapan tenda besar yang mampu menampung 500 orang untuk menunggu keberangkatan atupun kedatangan.

"Jika pintu utama keluar penuh, terminal B bisa difungsikan. Namun, hanya untuk tempat keluar dan belum bisa untuk tempat tunggu sebelum masuk ke pesawat," kata dia. (asp)

Ilustrasi angkutan lebaran.

Operasional Angkutan Lebaran Ditetapkan, Ini Rinciannya

Angkutan motor gratis tahun ini juga disediakan pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016