Gunung Raung Erupsi, Penumpang Tak Keberatan Batal Terbang

Sumber :
  • Antara/ Ahmad Subaidi

VIVA.co.id - Demi kesalamatan penumpang Bandar Internasional Lombok (BIL), Lombok Tengah Nusa, menghentikan pengoperasian hingga pukul 21.30 malam. Meskipun telah ditetapkan berdasarkan Notice to Airmen (Notam) dari Kementerian Perhubungan, aktivitas Gunung Raung tetap akan dipantau secara langsung.

Pub di Lombok Terbakar, Penari Berlarian
"Mudah-mudahan aktivitas Gunung Raung bisa menurun, hingga dari segi pengamanan keamanan sudah mengeluarkan izin terbang bandara langsung buka," kata Humas PT Angkasa Pura BIL, Gede Eka Sandi di Lombok Tengah, Jumat 10 Juli 2015.

Kembangkan Pariwisata, Wings Air Buka Rute Baru di Lombok
Dia mengatakan bahwa saat ini pihak bandara sedang disibukkan dengan kegiatan penjadwalan ulang penerbangan dan pengembalian tiket kepada ribuan penumpang yang sudah memadati bandara sejak 06:00 wita pagi tadi.

Lombok Diguyur Hujan Es
"Saat ini, kita fokus pada penumpang saja, untuk totalnya nanti kita rekap lagi. Perhari itu kita punya 72 movement, kurang lebih 36 flight yang batal berangkat," paparnya.

Penumpang pun, menurutnya, mamahami alasan pembatalan penerbangan ini, apalagi berkaitan dengan keselamatan penerbangan. 

Seperti diketahui pada H-9 jelang Lebaran ini peningkatan penumpang mulai terjadi. Baik penumpang domestik maupun internasional, tentu saja harus bersabar atas pembatalan ini.

"Bagi saya, enggak apa-apa sih, keluarga saya bisa menunggu sampai jelang lebaran baru mudik," kata Susi, salah seorang penumpang.

Pihak Angkasa Pura BIL terus berkoordinasi dengan AirNav untuk meng-update informasi terkait situasi udara akibat pengaruh aktivitas Gunung Raung. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya