Setelah Lebaran, Kok Malah Bangkrut

Ilustrasi Ucapan Lebaran
Sumber :
  • http://1.bp.blogspot.com
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Meskipun ada tambahan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang menambah pendapatan, namun karena tidak mengatur keuangan dengan tepat, beberapa orang malah bokek usai Lebaran.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Terkadang gaji yang diterima di bulan saat Lebaran tiba, juga habis terpakai. Lebih buruk lagi, ada beberapa orang yang memaksakan untuk menguras tabungannya, atau menyisakan utang, karena memakai kartu kredit demi berbelanja di saat Lebaran.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Padahal, momen Lebaran seharusnya mampu memposisikan keuangan berjalan lancar. Tanpa hambatan, atau pun stagnan. Pertanyaannya, apakah semua orang yang merayakan bisa melakukannya?

Jadi, tindakan apa yang harus dilakukan untuk menyikapi hal tersebut? Bagaimana cara kita untuk mengatur keuangan yang tepat, dan kejadian bokek usai Lebaran tidak terjadi lagi di tahun depan. 

Mulai dengan perencanaan

Sebenarnya, hanya dengan melihat kalendar yang ada, setiap tahun Anda sudah tahu kapan bulan Ramadhan dan Lebaran akan tiba. 

Dengan begitu, selayaknya Anda telah memiliki perencanaan segala kebutuhan keuangan pada saat Lebaran. Rencana ini bisa dibuat sejak enam bulan sebelumnya, atau bahkan mungkin satu tahun.
 
Misalnya, saja uang untuk tiket transportasi mudik. Apakah Anda membelinya dengan menunggu saat uang THR tiba? Pastinya tidak. Sebab, untuk urusan ini Anda wajib membelinya jauh-jauh hari, bahkan sebelum Ramadhan tiba. 

Pertanyaannya, bagaimana alokasi Anda untuk pengeluaran pembelian tiket mudik ini? Tentunya, Anda butuh bujet yang telah dipersiapkan sebelumnya. 
Saran kami, agar tidak lagi bokek saat Lebaran tahun depan, cobalah untuk menghitung semua pengeluaran untuk tahun depan dengan melihat segala kemungkinan. (Baca juga: Agar Bisnis Cepat Untung Selama Ramadhan)



Cari pendapatkan ekstra saat Ramadhan

Anda mungkin telah membuat dan memiliki daftar pengeluaran yang akan dilakukan saat Lebaran. 

Maka, langkah berikutnya adalah membuat langkah untuk mencari pendapatan tambahan lain yang mungkin bisa diraih dan dilakukan pada momentum Ramadhan dan Lebaran. 

Konsisten menabung

Poin ini masih terkait dengan poin pertama. Setelah memiliki perencanaan pengeluaran, maka langkah selanjutnya yang Anda bisa lakukan adalah menabung secara konsisten dari sekarang. 

Dengan begitu, pengeluaran Anda akan bisa terbantu dengan tabungan khusus ini.

Setop hal yang tak terencana

Promo, diskon, reward, semua akan menggoda Anda untuk berbelanja ketika musim Lebaran tiba. Taruhlah Anda telah memiliki catatan perencanaan keuangan yang akan dikeluarkan saat Lebaran. 

Namun, bila Anda telah memiliki perencanaan tentang belanja Lebaran, mengapa tidak konsisten dengan rencana tersebut. Setop menghabiskan uang yang di luar dari perencanaan. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya