Siapkan Dana Buat Nikah, Lakukan Empat Hal Ini

Ilustrasi pernikahan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Menikah adalah sebuah tanggung jawab yang akan Anda pilih untuk menjalaninya atau tidak nantinya.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Bagi Anda yang sudah memberanikan diri untuk melamar anak dari calon mertua, langkah yang paling masuk akal selanjutnya adalah menyiapkan dana yang akan digunakan untuk melangsungkan pernikahan Anda dengan si dia. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Modal yang dipersiapkan antara lain adalah mas kawin, sewa gedung, baju pernikahan, katering, dekorasi, bulan madu, dan masih banyak lagi lainnya. 

Memang jika memikirkan hal-hal tersebut yang pertama menjadi masalah adalah dananya. Tetapi, sebenarnya menyiapkan pernikahan itu tidak sulit, malah menyenangkan. 

Bagimana menyiapkan dana untuk pernikahan kamu? Mari simak ulasannya berikut ini.

Tentukan pihak mana yang membiayai

Di Indonesia, pernikahan adalah suatu hal yang besar dan sangat berarti. Untuk itu, ada baiknya apabila Anda membicarakan hal tersebut dengan keluarga kamu dan pihak keluarga mempelai. 

Pertimbangkan bagaimana pembagian dana yang akan dikeluarkan, apakah dana akan ditanggung oleh satu pihak atau kedua belah pihak, dan lain sebagainya. 

Pertimbangkan juga kemampuan Anda untuk mengadakan sebuah pesta pernikahan untuk menentukan seberapa besar pernikahannya, gedung seperti apa yang sebaiknya disewa, berapa banyak tamu yang akan diundang.

Persiapkan sedini mungkin

Akan sangat baik jika Anda sudah menyiapkan sedikit dana yang sudah dikumpulkan sejak mulai bekerja. Kalau Anda belum melakukannya, tidak usah khawatir, tidak ada kata terlambat untuk menabung. 

Sisihkan paling tidak 5 hingga 10 persen dari pendapatan Anda setiap bulannya. Selain itu, Anda juga bisa mengajak pasangan untuk menabung bersama supaya bebannya terasa semakin berkurang.

Agar makin terpacu untuk menyiapkan dana pernikahan, persiapkan terlebih dahulu daftar pengeluaran untuk pernikahan Anda nanti. Tidak perlu membuat daftar yang detail, cukup dengan membuat perkiraan saja dan menentukan jumlah uang yang harus dipenuhi. 

Semisal satu tahun sebelum acara pernikahan dilangsungkan, Anda bisa bertanya-tanya mengenai harga sewa gedung di sekitar tempat tinggal, kemudian atur jumlah yang harus Anda tabung dan sebaiknya lebihkan tabungan Anda untuk menghadapi jika terjadi inflasi.

Jika ingin merasa lebih mudah, Anda bisa membayarkan uang muka beberapa hal terlebih dahulu. Seperti katering, suvenir, atau baju pernikahan. 

Dengan begitu, ketika waktu semakin dekat dengan tanggal pernikahan, atau beberapa bulan sebelum pernikahan, Anda bisa melunasi sisa harga yang harus dibayar karena sudah mencicil sebelumnya, dan hal tersebut akan terasa sangat memudahkan kamu.

Perlu diingat kembali, sesuaikan pernikahan yang akan Anda adakan dengan kemampuan. 

Sebisa mungkin hindari berutang pada pihak manapun, karena bagaimanapun juga inti dari pernikahan yang akan Anda langsungkan adalah menjadi sah-nya hubungan dengan calon untuk menjadi suami dan istri.

Anggaran kecil lebih baik

Anda bisa melakukan pemotongan dana pengeluaran dengan cara menghilangkan beberapa hal pendukung pernikahan. 

Sebagai contoh, Anda bisa mengurangi biaya pernikahan secara signifikan dengan cara mengganti tempat yang akan kamu gunakan untuk melangsungkan pernikahan. 

Jika tadinya Anda ingin menyewa sebuah gedung, kamu bisa menggantinya dengan mengadakan pernikahan di rumah kamu sendiri. 

Uang yang tadinya Anda anggarkan untuk gedung bisa kamu alokasikan ke tempat lain seperti bulan madu dan lainnya, atau mungkin untuk Anda tabung juga untuk kebutuhan berumah tangga nanti. 

Selain itu, Anda juga bisa mengurangi jumlah tamu undangan karena hal tersebut juga mengurangi pengeluaran secara signifikan yang menyebabkan berkurangnya katering, suvenir, dekorasi, dan lainnya.

Anda juga sebaiknya melangsungkan pernikahan dalam satu waktu saja. Dengan menggabungkan akan nikah atau pemberkatan dengan resepsi pernikahan, Anda bisa menghemat jauh lebih banyak dibandingkan dengan memisahkan acara tersebut dalam hari yang berbeda. 

Tradisi ngunduh mantu juga sah-sah saja jika tidak dilakukan untuk mengurangi pengeluaran lebih dari biaya katering dan mencetak undangan lagi.

Lebih selektif memilih tamu undangan tidak ada salahnya. Anda tidak perlu mengundang semua orang yang Anda kenal. Mengundang keluarga, saudara, dan teman terdekat saja sudah cukup untuk berbagi rasa bahagia pada pesta pernikahan Anda. 

Anda juga bisa memberitahukan tentang pernikahan melalui media sosial pada orang-orang yang tidak Anda undang. Menyewa lebih baik daripada membeli. Menyewa menyelamatkan kamu dari buang-buang uang karena selain biaya sewa biasanya lebih murah dibandingkan dengan membeli, kamu hanya akan menggunakan baju pengantin sekali saja. 

Jadi, menyewa baju pengantin lebih baik daripada membelinya. Jika kamu ingin membeli pakaian pernikahan, lebih baik memilih pakaian yang bisa kamu gunakan untuk datang ke acara lain, atau yang memiliki fungsi lain selain hanya digunakan sebagai pakaian pernikahan.

Minta bantuan teman

Tidak perlu membayar jasa profesional yang sangat mahal untuk mendapatkan pernikahan yang bernilai. 

Anda bisa meminta bantuan pada teman-teman dalam berbagai hal seperti fotografi, dekorasi, undangan, dan juga riasan pengantin. 

Kalau ada yang lebih ekonomis kenapa pilih yang mahal? Selain itu, yang terpenting adalah tidak susah bukan menyiapkan pernikahanmu? Jangan berpikir dahulu bahwa pernikahan adalah sesuatu yang menghabiskan banyak uang.

Buat pernikahan menjadi lebih bermakna

Pernikahan bukanlah sebuah acara yang bias dilaksanakan asal-asalan. Ada banyak hal yang mesti disiapkan sebelum melaksanakannya. 

Namun, jika itu terlaksana dalam keadaan siap, percayalah, itu akan menjadi momen paling dikenang dalam hidup.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya