Kreditor Yunani Lakukan Perundingan Bailout Ketiga

Pendukung hasil referendum "no", merayakan kemenangan mereka
Sumber :
  • REUTERS/Dimitris Michalakis
VIVA.co.id
Intip 10 Negara dengan Utang Terbanyak Saat ini
- Negosiator dari para kreditor Yunani, mulai berdatangan ke Athena untuk membuka diskusi lebih ke teknis, terkait kesepakatan dana talangan (
bailout
Ekonomi di Zona Euro Tumbuh 15%
) ketiga.

Delapan Kebijakan OJK Topang Ekonomi Nasional
Dikutip dari laman BBC News, Selasa 28 Juli 2015, Komisi Eropa mengatakan perundingan soal bailout ketiga sudah dimulai. Namun, juru bicara pemerintah Yunani, Olga Gerovasili, mengatakan bahwa pembicaraan tingkat tinggi terkait bailout baru akan dimulai pada akhir pekan ini.

Hal itu, menyusul staf negosiator senior baru tiba di Athena pada Kamis pekan ini.

Perundingan kesepakatan bailout ketiga itu diadakan, setelah Menteri Keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, mengatakan kepada sekelompok investor di London, bahwa tim yang terdiri dari lima orang di bawah kepemimpinannya akan bekerja pada rencana kontingensi untuk membuat likuiditas euro jika Bank Sentral Eropa (ECB) memotong dana darurat ke sistem keuangan Yunani.



Rencana B

Surat kabar Yunani, Kathimerini, menyebutkan Varoufakis mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan tim kecil dari Partai Syriza untuk mengatur rencana diam-diam menyalin pajak online.

Menurutnya, rencana B dirancang untuk memungkinkan pemerintah memperkenalkan sistem pembayaran paralel jika sistem perbankan ditutup.

Dia mengungkapkan, kata sandi yang digunakan penduduk Yunani untuk mengakses rekening pajak online disalin diam-diam dan akan digunakan untuk mengeluarkan nomor pin baru untuk setiap wajib pajak yang akan digunakan dalam transaksi dengan negara.

Seperti diketahui, Yunani mencapai kesepakatan dengan kreditur atas reformasi yang diperlukan untuk memulai pembicaraan bailout ketiga dalam lima tahun dan tetap berana di kelompok negara-negara yang bermata uang euro. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya