Penumpang Penerbangan Domestik Naik 8,82% Selama Lebaran

Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
VIVA.co.id
Jadi Menhub, Budi Akan Tetap Minta Petunjuk Jonan
-  Kementerian Perhubungan mencatat adanya kenaikan angkutan penerbangan domestik sebesar 8,82 persen selama Lebaran 2015.

Ini Bisik-bisik Jonan ke Menhub Baru

"Angkutan udara, khususnya domestik, mencatat kenaikan yang cukup fenomenal di musim Lebaran tahun ini," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan, saat penutupan Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2015 di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa 28 Juli 2015.
Jonan Tersingkir, Enggan Beberkan PR untuk Budi Karya


Data dari Kemenhub, jumlah penumpang angkutan udara selama H-7 sampai H+7 pada tahun ini naik 7,12 persen dibandingkan pada periode Lebaran tahun lalu.


Tercatat angkutan penerbangan domestik naik 8,82 persen dari 3,46 juta penumpang pada tahun 2014 menjadi 3,76 juta penumpang pada 2015. Tapi, angkutan penerbangan internasional turun 3,29 persen dari 572,9 ribu penumpang pada 2014 menjadi 554,05 ribu penumpang pada 2015.


"Daya beli masyarakat cukup tinggi saat Lebaran tahun ini, Buktinya ada kenaikan angkutan udara khusus domestik," ujar Jonan.


Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo menambahkan kenaikan penumpang angkutan udara diluar prediksi.


"Ini sangat mengejutkan, karena awalnya kami memperkirakan kenaikan hanya 2 persen dibanding tahun lalu," kata Suprasetyo di tempat yang sama.


Menurut dia, kenaikan tersebut dikarenakan masyarakat ingin lebih cepat sampai di kampung halaman dan ada kepastian waktu perjalanan.


"Bagi masyarakat yang merayakan, Lebaran menjadi prioritas dan masyarakat memilih angkutan udara. Masyarakat yang tak merayakan Lebaran, pun menggunakan angkutan udara untuk liburan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya