Petroleum Fund Ditargetkan Tersedia Tahun Depan

SPBU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- Pemerintah menargetkan kajian tentang
petroleum fund
PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
akan rampung tahun ini. Sebab, pemerintah ingin agar petroleum fund
Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
bisa diterapkan mulai tahun depan.

Dilansir dari situs Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Selasa 28 Juli 2015, Dirjen Minyak dan Gas Kementerian ESDM, I. G. N. Wiratmada, mengatakan bahwa petroleum fund adalah dana yang dialokasikan untuk mengoptimalkan kegiatan sub sektor migas. 

Tepatnya, untuk meningkatkan eksplorasi migas, stabilisasi harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan meningkatkan cadangan minyak dan gas bumi.

"Klausul petroleum fund yang dimasukkan ke dalam rancangan revisi UU Migas ini sangat penting bagi negara-negara berkembang, seperti Indonesia," kata Wiratmaja, di Jakarta.

Dia mengatakan, dana dari petroleum fund bisa digunakan untuk kegiatan eksplorasi, terutama di daerah yang berisiko tinggi dan diharapkan bisa meningkatkan cadangan dan produksi migas. 

Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk meningkatkan fasilitas penyimpanan BBM. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Wiratmaja menuturkan bahwa sumber daya petroleum fund beragam. Kalau mengacu dari negara yang sudah punya petroleum fund, dananya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Ada juga yang berasal dari pajak, seperti Malaysia.

"Kalau harga minyaknya rendah, pajaknya bisa tinggi sekali, bisa sampai 15 persen. Kalau harga minyaknya tinggi, pajaknya dikurangi, hanya dua persen dan bisa juga nol," kata dia.

Wiratmaja mengatakan, kajian tersebut akan dilakukan oleh tim dari Kementerian ESDM, Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, dan PT Pertamina. 

"Diharapkan akhir tahun ini, kajian sudah rampung dilakukan dan dananya dapat tersedia mulai tahun depan," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya