Tips Persiapkan Tabungan untuk Berlibur dengan Murah

Ilustrasi pasangan liburan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Berlibur di akhir pekan? Sudah wajib dilakukan untuk mencegah kejenuhan pada rutinitas dan beban pekerjaan. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Lima hari dalam seminggu memiliki kewajiban untuk bekerja, tentu kita berhak mendapatkan istirahat selama satu atau dua hari di akhir pekan, bukan? Tak heran, jika liburan sering dikatakan sebagai ajang untuk refreshing, sekadar melepas penat.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Dewasa ini, banyak sekali destinasi untuk berlibur, beragam mulai dari yang berada dalam lingkup lokal maupun internasional, mulai dari paket hemat sampai yang mahal dan ekslusif. 

Permasalahannya, banyak dari kita yang sudah memiliki rencana liburan namun dananya tidak mencukupi. 

Terdengar tidak asing bagi Anda? Maka, Anda berada pada artikel yang tepat, karena di sini akan dijelaskan cara dan langkah untuk menyiapkan liburan dengan biaya yang murah, tentunya selain mencari paket promo, atau harga khusus. 

1. Membuat rekening baru

Umumnya, seseorang membuat rekening baru jika ingin memulai melakukan suatu transaksi, atau membuat tabungan khusus untuk rencana baru ke depan. 
Nah, pembuatan rekening baru yang satu ini fungsinya adalah hanya untuk kepentingan liburan Anda saja. 

Anda persiapkanlah rencana dan budgeting liburan, sehingga sempat membuka rekening baru dan menabungnya. Berapa yang harus ditabung, disesuaikan dengan kebutuhan dan budget liburan Anda. 

Jangan mentang-mentang karena untuk liburan, Anda mengalokasikan banyak dana untuk rekening ini. Tetap tabunglah sewajarnya, dalam waktu yang konstan, dan tetap berhemat.

2. Cari diskon pesawat

Jika Anda merencanakan liburan yang cukup jauh, tentu Anda sudah mempersiapkannya sejak sekitar enam bulan sebelumnya, atau bahkan lebih.

Selama waktu ini, cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet, atau langsung datang ke counter airlines terdekat. 

Kalau benar-benar berniat, Anda bahkan bisa berlangganan newsletter pesawat untuk info tiket dan promo terkini.

Umumnya, diskon ini berlaku dengan ketersediannya kursi pesawat. Maka dari itu, selalu pantau dan siap. 

Anda juga dapat mencoba untuk membeli tiket penerbangan pada saat weekday dan low season, di mana harganya bisa jauh lebih murah dibandingkan saat hari libur nasional, atau pun weekend

3. “Ngebolang”

Ngebolang? Ya, Anda tidak salah membaca kok. Coba sesekali melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor untuk perjalanan lokal yang jauh. Atau, untuk yang berjarak agak dekat, bersepeda. 

Lelah, tentu saja, namun pemandangan dan pengalamannya tidak akan dapat tergantikan dengan duit, atau jika Anda menggunakan pesawat. 

Anda bisa berhenti untuk melihat masyarakat setempat, menikmati makanan khas per daerahnya, tidak hanya lewat begitu saja. 

Pilihan “ngebolang” ini mungkin terdengan tidak nyaman dibandingkan dengan cara lainnya. Tapi selain murah, Anda mendapatkan momen dan pengalaman unik, di mana inilah tujuan Anda berlibur. Mungkin, patut dicoba kan?



4. Hindari tempat penginapan mahal

Beristirahat di tempat penginapan mewah dengan tarif Rp2 juta per malamnya? Kenapa tidak mencoba untuk mencari yang lebih murah? Hotel yang lebih murah mungkin tidak memberikan fasilitas senyaman hotel-hotel mahal, namun coba pikirkan sejenak. 

Bukankah liburan akan lebih berharga jika Anda menghabiskannya dengan menikmati makan dan bersosialisasi di luar, daripada berdiam diri saja di dalam hotel? 

Kasarnya, Anda hanya tidur dan mandi di sana. Jadi, cobalah sebisa mungkin untuk menghemat tempat penginapan. 

Kenapa tidak coba losmen, atau penginapan di rumah penduduk, yang harga per malamnya bisa hanya Rp200 ribu sampai Rp500 ribu? 

Selain menghemat pengeluaran, secara tidak langsung anda juga telah membantu perekonomian masyarakat lokalnya.

Lalu, penginapan apa yang cocok untuk jumlah orang yang banyak? Anda bisa menyewa sebuah apartemen, atau tempat yang difasilitasi dapur, sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk membeli makanan di luar.

5. Kuliner lokal

Jangan salah, uang yang dikeluarkan untuk makan mungkin terlihat sepele dan tidak banyak menghabiskan uang persediaan Anda. Tetapi, jika makan sehari tiga kali, belum termasuk cemilan dan minuman? Nah, banyak juga bukan? 

Tipsnya adalah, makan makanan lokal yang tersedia. Bukan hanya sekaligus mencicipi berbagai rasa yang unik, namun harganya juga tentu akan jauh lebih murah daripada makanan fast food dan restoran mewah lainnya. 

Lagi pula, sudah sampai di destinasi berlibur, tentu lebih worth it jika mencicipi makanan setempat kan? Jangan pergi berlibur jauh-jauh, namun jung-ujungnya tak jauh dari McDonalds, Pizza Hut, dan Burger King yang harganya bisa sampai Rp50 ribu untuk sekali makan. Sungguh disayangkan, bukan?  Baca juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

6. Transportasi dan kartu serbaguna

Sebisa mungkin, hindarilah penggunaan taksi. Coba untuk mencari alternatif transportasi yang lebih murah. 

Manfaatkanlah pula kartu serbaguna untuk membayar keperluan di sepanjang perjalanan. Di Indonesia, Anda bisa menggunakan kartu Flazz untuk berbagai macam kendaraan, seperti Commuterline, Trans-Jakarta, dan membayar tol. 
Kartu tersebut juga bisa digunakan untuk masuk ke tempat-tempat wisata, supermarket, bahkan toko-toko makanan.

Untuk Singapura, kartu serbagunanya adalah EZ Link. Penggunaannya berlaku di MRT, tiket Bus, 7Eleven, dan masih banyak lagi. Baca juga: 7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

Berhemat Sebisa Mungkin

Nah, sudah tahu kan apa saja cara untuk berlibur dengan hemat? Intinya adalah menabung, berhemat, dan budgeting. Selamat berlibur!

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya