Hindari Jeratan Utang Bank dengan Cara Ini

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :

VIVA.co.id - Perbankan saat ini banyak menawarkan beragam kredit kepada masyarakat dan nasabahnya. Dan, bagi Anda yang menjadi pengguna jasa perbankan, tentunya tidak akan melewatkan penawaran yang ditawarkan.

Selain membantu, sering pula perbankan dianggap tidak adil bagi golongan menengah ke bawah. Bahkan, ada anggapan perbankan tidak adil terhadap golongan menengah ke bawah, dengan membebankan bunga yang tinggi hingga mencapai 80 - 90 persen per tahun.

Ini menarik, ada jawaban dari seorang direktur sebuah bank terkait dengan ketidakadilan tersebut.

Menurut dia, seorang satpam perlu belajar money intelligence juga. Dapat kartu kredit jangan habis-habisan, perlu money intelligent memakainya.  Jangan pernah belanja melebihi penghasilan. Orang zaman dulu saja tahu peribahasa besar pasak daripada tiang.

Mungkin bisa ditambahkan, 'tahan godaan uang' juga adalah money intelligent. Punya banyak duit juga harus tahan godaan untuk tidak maruk membelanjakannya. Lihat saja para artis yang sebelumnya miskin, begitu kaya, menghambur-hamburkan uang. Contoh klasik adalah Michael Jackson, Whitney Houston, Mike Tyson, Maradona.

Tapi kita juga punya contoh yang baik, orang super kaya tapi tetap tahan godaan untuk tidak berfoya-foya membelanjakan kekayaannya. Warren Buffett tidak pernah pindah ke rumah yang lebih besar.

Dia tetap tinggal di rumah yang sama dengan rumah yang dibelinya saat menikah. Mobilnya sudah puluhan tahun umurnya. Tinggal di kota kecil dan kantornya tetap sewa. Tidak punya pesawat pribadi, meskipun dia memiliki perusahaan yang menyewakan pesawat.

Mark Zuckenberg tetap saja pakai kaos dan jeans, makan di restoran sederhana. Kapitalis tidak selamanya jelek. Ada saja yang berhasil dari sistem ini yang berbuat baik untuk dunia.

Dalam kasus seorang karyawan terjerat kartu kredit, mintalah ngomong baik-baik ke banknya dan minta restrukturisasi. Pasti ada jalan keluar, karena bank juga enggak mau kalau ada yang macet.

Nah, intinya adalah bagaimana kita memanfaatkan beragam penawaran perbankan dengan bijak.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

(asp)

Mau Investasi Emas? Ini Keuntungannya
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016