Mau Jadi Miliuner? Ini Kuncinya

Ilustrasi milyuner
Sumber :

VIVA.co.id - Tidak semua miliuner tinggal di Mansion atau naik Bentley. Anda pasti lebih sering lihat mereka naik Honda, Toyota, atau mobil bermerek biasa-biasa saja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Warren Buffett masih tinggal di rumah yang sama di Omaha sejak tahun 1958 yang dibelinya dengan harga US$31.500. Profesor Stanford David Cheriton, miliuner yang menanamkan sahamnya di Google, memilih memangkas rambutnya sendiri daripada harus pergi ke salon.

Semuanya tergantung dari cara mereka sampai pada tahap kehidupan  sekarang. Berdasarkan survei yang dilakukan PNC Wealth Management, kebanyakan orang kaya meraih kesuksesannya bukan dari investasi, melainkan dengan menabung sejak awal. Survei The Spectrem Group menemukan, hampir 80 persen orang setuju kunci sukses adalah hidup berhemat.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Bukan berarti Anda harus mengurung diri atau bertapa untuk dapat hidup hemat. Anda masih bisa kok hidup enak selama bisa menahan pengeluaran sekalipun pendapatan meningkat

Strategi menabung

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Tabung setengah dari kenaikan gaji. Salah satu cara jitu biar meraih kesuksesan adalah dengan menyimpan kenaikan gaji atau bonus yang didapat. Peneliti perilaku keuangan menemukan, kekurangan uang sekarang akan memicu boros di kemudian hari.

Kompromi: tabung sekitar 50 persen kenaikan gaji dan bonus di bank, dan sisanya boleh dipakai. Namun, seorang perencana keuangan di Lutherville-Timonium, Maryland, Amerika Serikat bernama Susan Mitcheltree, mengatakan, secara psikis merayakan kesuksesan itu juga penting supaya Anda bisa menghargai diri sendiri.

Hidup enak tidak berarti tinggal di rumah mewah

Salah seorang warga Amerika, Debra Cohen punya cara tersendiri  berhemat. Daripada membeli sebuah rumah dengan luas 3.200 meter persegi seharga US$1,3 juta di tahun 2007, pemilik bisnis kecil-kecilan ini bersama  suaminya memilih menambah fitur pada rumah mereka dengan luas 2.300 meter persegi seharga US$650,000 di Long Island.

Mereka menghabiskan lebih dari US$150,000 untuk biaya renovasi. Tapi dengan pilihan mereka itu, mereka bisa melunasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mereka tiga tahun lalu, dan menghemat US$400.000 dalam 10 tahun terakhir.

Jadi, berhitunglah terlebih dahulu sebelum Anda menentukan pilihan. Terkadang, merenovasi rumah lama  terasa lebih menyenangkan daripada membeli rumah baru. Bila pusing dengan biaya renovasi, Anda boleh coba mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan .

Buy Experience, NOT Things!

Salah satu cara menahan pengeluaran untuk membeli mobil atau gadget terbaru, adalah memaksimalkan kepuasan yang didapatkan dari setiap barang yang dibeli.

Penelitian terakhir Journal of Consumer Psychology mengatakan, manusia akan merasa lebih puas apabila mereka membeli “pengalaman” seperti liburan, daripada barang seperti perabotan, gadget, atau pakaian. Sebab, hati akan merasa lebih senang apabila dapat menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta.

Jadi, kalau punya rencana untuk memakai tabungan, belilah tiket ke Hawaii, jangan beli mobil mewah. Klik disini untuk membandingkan kartu kredit wisata yang terbaik di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya