Lima Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Ajukan Kredit ke Bank

Ilustrasi meminjam dana
Sumber :
  • Dokumentasi HaloMoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Seiring dengan banyaknya kebutuhan, Anda mungkin memiliki rencana untuk mengajukan kredit atau pinjaman ke bank. Sebelum melakukan pengajuan kredit, agar tepat sasaran ketahui dulu beberapa langkah sederhana ini. Apa saja?

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
1. Mana bank terbaik?

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah
Ajukan kredit bank paling tepat memang dilakukan pada bank di mana Anda memiliki rekening atau biasa menerima gaji. Karena, pengajuan kredit Anda lebih mudah dan memiliki kemungkinan persetujuan kredit yang tinggi, alasannya riwayat transaksi rekening Anda akan lebih mudah ditelusuri.

Namun, tidak ada salahnya untuk membandingkan beberapa bank. Sebab, biasanya setiap bank memiliki tenor, jumlah cicilan, bunga, serta fasilitas kredit yang berbeda. 

Dengan melakukan langkah ini, Anda akan mendapatkan bank yang sesuai dengan kriteria yang Anda miliki atau bahkan dapat bandingkan bank yang berikan bunga rendah

2. Apa kebutuhan Anda?

Pertanyaan itu penting, sebab nantinya juga akan ditanyakan oleh bank kepada Anda. Karena itu, lebih baik jika Anda mengetahui jawaban ini lebih awal.

Bila kebutuhan Anda mengajukan kredit adalah hanya untuk liburan atau berbelanja, maka pikirkan lagi untuk mengatakannya. Sebab, bank sudah tentu tidak akan menyetujui 


3. Berapa jumlah yang diajukan?

Sesuaikan jumlah uang yang ingin diajukan dengan kebutuhan Anda. Jangan meminjam uang dengan jumlah berlebihan. Misalnya, bank menyetujui jumlah uang yang Anda inginkan untuk diajukan, tapi bila akhirnya Anda tidak bisa mengontrol uang tersebut, bisa jadi Anda malah terjebak dalam jumlah kewajiban yang lebih besar.

4. Berapa cicilan yang mampu dikeluarkan?

Taruhlah Anda mengajukan pinjaman yang besar dan akhirnya disetujui. Lagi-lagi ini menyangkut rasio kredit yang Anda miliki. Sebab, bank akan melihat kemampuan Anda untuk mencicilnya nanti, jika Anda telah mengetahui rasio kredit yang Anda miliki, Anda bisa langsung menentukan jumlah cicilan yang sesuai kemampuan. 


5. Berapa tenor yang mampu dijalani?

Semakin lama waktu pinjaman yang dipilih, semakin kecil cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Karena itu, pemilihan tenor atau waktu pinjaman ini juga dapat disesuaikan menurut kemampuan Anda dalam membayar cicilan.

Meminjam uang di bank adalah menambah kewajiban, yaitu membayar angsuran tepat waktu sebelum jatuh tempo. Agar terhindar dari telatnya pembayaran, maka pilih angsuran yang sesuai dengan kemampuan. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya