Hindari Bangkrut Usai Liburan ke Luar Negeri

Ilustrasi bangkrut.
Sumber :

VIVA.co.id - Buat sebagian orang, libur panjang sering dihabiskan dengan melakukan perjalanan wisata ke dalam dan ke luar negeri. Selain untuk menyegarkan pikiran, wisata juga akan mengenalkan Anda pada hal-hal baru, termasuk tempat dan teman baru.

Namun, sering terjadi sepulang wisata, keuangan Anda mengalami gonjang ganjing. Anda dihadapkan oleh tagihan listrik, cicilan rumah, dan lain-lain. Bukan itu saja, konsekuensi keuangan saat liburan juga harus Anda hadapi, misalnya tingginya tagihan kartu kredit yang tidak seperti biasanya.

Alih-alih merasa lebih “fresh” usai berwisata, Anda malah sakit kepala dengan aneka masalah keuangan tersebut.

Kalau sudah begini, yang menjadi alternatif adalah mencari pinjaman ke mana-mana untuk menutupi biaya hidup selanjutnya.

Tenang, banyak cara kok menghindari bangkrut usai berwisata. Silahkan disimak lima tips berikut ini:

Tinggalkan Dana di Rekening Berbeda
 
Salah satu hal yang wajib Anda lakukan sebelum berwisata adalah meninggalkan sejumlah dana. Nah, dana ini bisa dijadikan modal untuk meneruskan hidup setelah liburan usai. Alokasi dana tadi bisa dimasukkan ke dalam rekening yang berbeda.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

ATM untuk rekening itu bisa ditinggalkan di rumah, sehingga Anda tidak bisa menarik uang dari rekening tersebut untuk membeli barang-barang yang tidak penting.
 
Alangkah baiknya Anda memiliki rekening tersendiri untuk berwisata, jadi tidak akan menganggu cash flow dari rekening lain. Tindakan ini sangat penting, karena Anda bisa menabung khusus untuk dana perjalanan selanjutnya.

Usahakan untuk membuka rekening di bank yang memiliki jaringan dengan bank internasional, sehingga akan memudahkan Anda jika berlibur ke luar negeri.


 
Tutup Semua Hutang
 
Sebelum melakukan wisata usahakan untuk membayar terlebih dahulu semua cicilan yang Anda miliki. Jangan sampai membayar cicilan-cicilan itu setelah pulang dari liburan, karena Anda akan mengalami masalah dengan keuangan, termasuk harus membayar denda keterlambatan.

Bayarlah kartu kredit, cicilan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), dan iuaran lain seperti listrik, asuransi, pensiun dan lain-lain.
 
Manfaatkan kartu kredit
 
Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit bila menyukai jalan-jalan, seperti fasilitas diskon untuk hotel, makanan, airlines dan lain-lain. Untuk itu, Anda harus mengenal kartu kredit secara bijaksana.
 
Kartu kredit juga bisa membantu Anda dalam bertransaksi dan nilai tukarnya juga menguntungkan dibanding Anda menukarkan uang ke money changer. Bepergian membawa kartu kredit memang lebih aman, tetapi ingat, langsung lunasi semua tagihannya begitu Anda kembali.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Memilih mesin ATM yang tepat
 
Bila Anda mempunyai rencana untuk berwisata ke luar negeri, ada baiknya mengetahui dengan pasti bank-bank internasional dan bank yang menawarkan biaya penarikan antarbank termurah dengan kartu ATM, atau kartu kredit milik Anda.

Pastikan juga bank-bank mana yang memiliki fasilitas Visa, atau Mastercard, ada baiknya Anda mencari info bank mana yang lebih menguntungkan. Jangan sampai uang Anda menguap hanya karena menarik uang di ATM bank internasional yang tidak Anda ketahui biaya penarikannya.
 
Hindari money changer
 
Perlu diketahui, money changer sering memberikan nilai tukar yang sering merugikan wisawatan seperti Anda. Menghindari money changer bisa dengan mengambil uang lewat kartu kredit, atau menukar uang dengan sesama wisatawan.

Biasanya, para wisatawan yang akan keluar dari negara yang Anda tuju akan membantu dengan cara menukarkan uang mereka. Anda bisa menemukan mereka di airport dan mereka pasti bersedia membantu Anda. Dijamin, Anda akan lebih hemat ketimbang bertransaksi di money changer.
 
Mengisi liburan dengan berjalan-jalan memang menyenangkan. Tetapi, akan lebih menyenangkan lagi ketika Anda kembali dengan perasaan bahagia, tanpa harus kebingungan dengan masalah keuangan yang timbul setelahnya. (asp)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016