Menteri Susi Desak Eropa Bebaskan Bea Impor Perikanan RI

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Antara/Joko Sulistyo

VIVA.co.id - Amerika Serikat akhirnya membebaskan bea masuk impor sejumlah produk perikanan dari Indonesia. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengklaim pembebasan tarif bea masuk tersebut adalah hasil dari kecerewetannya.

"Saya ingin menyampaikan kabar gembira. Amerika Serikat membebaskan import tarif untuk produk Indonesia dengan kecerewetan saya, tidak perlu jalan-jalan," kata Susi, saat halal bihalal di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat 31 Juli 2015.

Menteri Susi Pergoki Kapal Asing 'Ganti Baju' di Benoa

Kini, kata Susi, dia tengah mendorong agar Eropa juga melakukan hal yang sama seperti AS. Dia ingin, agar Eropa juga bisa membebaskan tarif bea masuk produk perikanan Indonesia.

"Mudah-mudahan tanpa kerja mondar-mandir ke Eropa, bisa mendapat kebebasan ke Eropa," kata dia.

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Kelautan dan Perikanan, AS memberikan fasilitas Generalized System of Preference (GSP). Fasilitas GSP yang berlaku mulai 29 Juli 2015-31 Desember 2017.

Dengan GSP, sejumlah produk perikanan seperti Kepiting beku, ikan Sarden, daging Kodok, ikan kaleng, Lobster olahan, dan Rajungan dibebaskan dari tarif bea masuk. Skema ini pun sempat terhenti sejak 2013, karena tak mendapatkan persetujuan dari senat AS.

AS merupakan pasar tujuan ekspor utama bagi produk perikanan Indonesia. Selama empat tahun terakhir, nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke AS terus meningkat, yaitu US$1,07 miliar pada 2011, US$1,15 miliar pada 2012, US$1,33 miliar 2013, dan US$1,84 miliar pada 2014.

Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

Pertumbuhan ekspor produk perikanan Indonesia ke AS mengalami peningkatan rata-rata sebesar 21,14 persen sejak 2011. Komoditas utama ekspor Indonesia antara lain Udang, Kepiting, Tuna, Tilapia, Cumi-cumi, Ikan hias, Rumput Laut, Kekerangan, dan Lobster. (asp)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Bantah Bakal Buka Investasi Asing Sektor Perikanan

Perubahan daftar negatif investasi masih wacana.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016