Hati-hati dengan Dana Investasi Ini

Goenardjoadi Goenawan
Sumber :
  • Dokumentasi Haesanmul Gansig

VIVA.co.id - Ekonomi Indonesia, saat ini sedang lesu. Uang yang beredar tiba-tiba menyusut. Bisa dikatakan, sekarang terjadi kelangkaan uang beredar.

Akibatnya, yang terkena dampaknya adalah usaha kecil dan menengah (UKM), termasuk usaha waralaba (franchise).  Ada kesalahpahaman pemilik yang menganggap dana franchise adalah tergolong dana investasi.

Dana investasi ini adalah abu-abu.  Karena itu, berwarna kuning bisa bagus, tetapi bisa memburuk. Banyak penyimpangan dana investasi yang berujung pada tindak pidana.

Dalam kondisi krisis, uang beredar yang langka berakibat hasil usaha UKM bisa terdampak. Banyak perusahaan yang omzetnya menurun hingga 40-60 persen dibandingkan tahun lalu.

Perjanjian franchise, bukan perjanjian investasi. Tujuan dari perjanjian franchise, bukan mengatur hak dan kewajiban franchisor dan franchisee.

Perjanjian franchise, tujuannya melindungi sustainability Usaha. Melindungi sustainability merek Usaha. Melindungi pembeli franchise sebelumnya dari penyimpangan usaha.

Karena itu, harus dicegah perjanjian franchise bukan dana investasi, namun dibuat perjanjian sewa. Hubungan franchise haruslah sangat dibatasi, dan oleh karena itu dibuat perjanjian sewa.

Apabila pemilik franchise terjebak dengan terlanjur mengikat perjanjian dana investasi, yaitu pembeli franchise disebut sebagai investor, maka sebelum terlambat perjanjian bisa dikoreksi dengan diatur menjadi perjanjian sewa.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com.

(asp)

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016