Kadin: Turki Ingin Investasi dalam Proyek 35 Ribu Megawatt

Suryo Bambang Sulisto
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Keputusan Jokowi Tolak Permintaan Erdogan Disambut Gembira
- Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia, Suryo Bambang Sulisto mengatakan bahwa Turki Ingin berinvestasi besar-besaran pada proyek 35 ribu megawatt pemerintah. Ada pun teknologi yang ditawarkan Turki, adalah di geothermal, atau energi panas bumi.

Turki Panggil Duta Besar Jerman
"Seperti di geothermal itu, dia mau masuk gede-gedean. Jadi, menurut hemat saya, karena kita juga mau bangun 35 ribu megawatt, ya kita berikan saja ya. Kita fasilitasilah, berikan dukungan jika memang beneran," ujar Suryo, Sabtu 1 Agustus 2015.

Pemerintah Diminta Abaikan Permintaan Turki Tutup Sekolah
Suryo menjelaskan, investasi yang diperlukan untuk membangun Geothermal diperlukan biaya yang cukup besar. Karena itu, dia menilai opsi kerja sama dengan Turki adalah hal yang tepat.

"Nilai geothermal itu sangat besar nilainya, 1 MW itu bisa sampai 1-4 juta dolar. Jadi, kita lihat saja berapa MW yang masuk, 1.000 MW saja sudah 4 billion dolar," kata dia.

Dijelaskannya bahwa total nilai investasi Turki di Indonesia pada 2014, mencapai US$64,1 juta dalam 29 proyek. Angka itu meningkat signifikan dari sebesar US$ 11,7 juta pada 2013, dengan 22 Proyek.

Suryo mengatakan, Kadin Indonesia bersama dengan Ketua Dis Ekonomik Iskiler Kurulu (DEIK), atau Foreign Economic Relations Board Turki (Kadinnya Turki), Omer Cihad Vardan, juga menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, investasi, dan teknologi di antara kedua negara. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya