Penarikan Pesawat Citilink yang Tergelincir Selesai Hari Ini

Pesawat Citilink tergelincir di Padang.
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
AirAsia Tawarkan Tiket Rp299 Ribu ke Malaysia
- Manajemen Citilink terus berkoordinasi dengan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan PT Angkasa Pura II Bandara Minangkabau, mengenai upaya penarikan pesawat Citilink yang tergelincir di landasan pacu bandara internasional tersebut.

Jokowi: Kereta Akan Kurangi Macet di Bandara

“Kegiatan penarikan diharapkan bisa selesai secepatnya hari ini agar tidak mengganggu aktivitas penerbangan yang akan berlangsung,” ujar President & CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan, di Jakarta, Senin 3 Agustus 2015.
Air France Luncurkan Maskapai Berbiaya Murah

Albert mengungkapkan, aktivitas penarikan masih terus diupayakan dengan menggeser badan pesawat ke lokasi yang menjauh dari landasan pacu pesawat atau runway.

"Saat ini aktivitas penarikan pesawat mengalami kesulitan karena roda pesawat yang menopang badan pesawat berada di tanah yang berlumpur akibat dilanda hujan deras," tuturnya.

Hujan lebat yang mengguyur Padang pada Minggu sejak siang hingga sore hari mengakibatkan sejumlah kawasan di kota tersebut tergenang. Kota Padang tercatat seringkali mengalami curah hujan tinggi karena faktor cuaca ekstrem.

“Kesulitan yang dialami saat ini adalah kondisi tanah yang menjadi berlumpur, sehingga memerlukan tumpuan pelat baja sebagai pijakan bagi roda pesawat agar bisa dipindahkan dengan mudah,” kata Albert.

Lebih lanjut, Albert menjelaskan, bagaimanapun kegiatan tersebut harus dilakukan dengan ekstra hati-hati mengingat kondisi terakhir dan posisi pesawat yang akan menjadi fokus penelitian tim KNKT, yang diperkirakan akan tiba di lokasi pada Senin.

“Direksi Citilink juga akan tiba di Padang pada Senin pagi ini untuk menyaksikan langsung penanganan pesawat, dan berencana mengunjungi penumpang. Terutama penumpang yang sempat dibawa ke rumah sakit akibat shock ringan,” ujar Albert.

Hingga Senin dini hari sedikitnya ada 130 penumpang yang diinapkan dengan biaya ditanggung Citilink, sedangkan sebagian besar penumpang yang lain sudah pulang sendiri dengan diberikan uang transportasi. 

Seperti diketahui, Pesawat Citilink Indonesia QG 970 rute penerbangan Cengkareng–Padang mengalami overrun (tergelincir) saat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Minggu, sekitar pukul 19.27 WIB. 

Pesawat jenis Airbus A320 itu mengangkut sebanyak 178 penumpang termasuk tiga bayi, dengan total enam kru pesawat. Seluruh penumpang selamat dan tidak ada yang luka berat. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya