Mau Punya Kendaraan Bermotor? Ini Pedomannya

Ilustrasi kredit mobil.
Sumber :
  • Istock

VIVA.co.id - Memiliki kendaraan bermotor saat ini menjadi kebutuhan pendukung yang penting. Tingginya mobilitas seiring belum memadainya layanan transportasi publik menjadi pendorong banyak orang untuk punya kendaraan sendiri.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Karena itu fasilitas kredit kendaraan bermotor (KKB) dari berbagai bank dan lembaga pembiayaan merupakan sebuah solusi yang dibutuhkan.

Terbatasnya dana untuk membeli kendaraan secara tunai, membuat fasilitas kredit kendaraan jadi pilihan. Pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk mengajukan kredit kendaraan? Agar lebih jelas, berikut beberapa pertimbangan yang bisa diketahui.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Tentukan jenis sesuai kebutuhan

Saat ini, kebutuhan kendaraan apa yang Anda butuhkan? Jenis dan spesifikasi kendaraan apa yang Anda inginkan? Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum ajukan kredit kendaraan bermotor (KKB) adalah jawaban dari pertanyaan tersebut.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Jangan sampai, hanya karena ingin gaya, namun kendaraan yang Anda beli malah mahal dan Anda terjebak karena alasan gaya hidup. Karena tidak jarang seseorang yang memilih kendaraan bukan dari segi manfaat atau kebutuhannya, namun lebih karena sekedar gengsi.

Tentukan harga yang sesuai

Anda telah memutuskan jenis mobil yang diinginkan (dibutuhkan). Langkah selanjutnya adalah survei terhadap harga mobil tersebut hingga Anda memperoleh penawaran paling ideal. Mulailah melihat-lihat dan membandingkan harga.

Sebab dari harga itulah Anda dapat mengetahui besarnya uang muka dan cicilan yang nantinya akan dilakukan.

Tips hemat dari kami, pilihlah kendaraan baru yang memiliki tahun produksi tahun sebelumnya. Sebab kendaraan tersebut akan lebih murah dibanding kendaraan baru yang memang keluar di tahun yang sama.

Jangan lupa lakukan perbandingan kredit kendaraan bermotor yang sesuai dan memiliki banyak benefit. Lebih mudah menggali informasi, dan bandingkan terlebih dahulu secara online.

Tanya bunga yang berlaku

Bunga menentukan besar kecilnya cicilan. Karena itu, lebih tepat bila Anda mengajukan permohonan kredit kendaraan ketika bunga sedang turun atau ada promo bunga khusus yang ditawarkan oleh lembaga kredit.

Lebih mudah, bandingkan secara online bunga kredit kendaraan dari bank atau lembaga pembiayaan. Dengan cara ini Anda akan bisa mendapatkan lembaga penjamin yang memberi bunga menarik dan menguntungkan. Selanjutnya, Anda pun bisa mengetahui angsuran yang perlu dilakukan sepanjang masa pinjaman.

Tentukan lembaga kredit

Anda sudah mengantongi harga pasti kendaraan dan rata-rata bunga di bulan ini. Selanjutnya, langkah terbaik adalah mempertimbangkan lembaga penjamin yang tepat. Usahakan lembaga penjamin yang Anda gunakan nantinya terpercaya dan memiliki reputasi baik sepanjang tahun.

Bandingkan informasi tentang hal ini dengan bertanya opini dari teman, saudara, atau tetangga yang pernah melakukan kredit kendaraan. Tanya tentang lembaga penjamin terbaik pilihan mereka. Atau, baca berbagai macam ulasan yang bisa dilakukan secara online. (Baca juga: Beda Kredit Kendaraan Syariah dan Konvensional)

Siapkan uang muka

Bila sudah menemukan lembaga penjamin terpercaya, cobalah bandingkan fasilitas kredit kendaraan yang ditawarkan masing-masing lembaga. Paling penting, tanyakan berapa diskon yang ditawarkan oleh mereka yang nantinya bisa memotong uang muka yang wajib dibayarkan.

Ingat, dalam aturan yang ada, lembaga kredit akan mengenakan uang muka sebesar 30 persen harga kendaraan yang perlu Anda bayar. Apakah Anda sudah memiliki uang muka tersebut?

Jangan lupa asuransi

Di luar dari semuanya, jangan lupa daftarkan kendaraan Anda untuk fasilitas asuransi kendaraan yang tepat. Sebab, langkah ini cukup penting agar bisa menghemat uang Anda di kemudian hari bila terkena risiko.

Bisa saja di kemudian hari mobil Anda tersenggol kemudian lecet atau penyok, tertabrak, atau bahkan hilang. Asuransi kendaraan akan mengganti risiko finansial yang Anda alami dari berbagai potensi itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya