Mindset Seorang Wiraswasta

Goenardjoadi Goenawan
Sumber :
  • Dokumentasi Haesanmul Gansig
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Sejak menulis artikel di
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
, saya banyak mendapatkan pertanyaan bagaimana cara sukses menjadi wiraswasta. Salah satunya Venansius Eddy, berikut kutipan ini pertanyaannya. 

Dari Bisnis Online, Pria 25 Tahun Bisa Beli Rumah dan Mobil
"Saat ini saya sudah mulai beranikan terjun di dunia wiraswasta. Buka depot pempek Palembang di Surabaya. Tapi saat ini masih sepi depot saya, promosi sebar brosur dan pameran sudah saya lakukan, tp belum menunjukkan hasil. Apalagi yang bisa disarankan ke saya pak ? Terima kasih atas masukannya,"

Jawab:

Soal selera butuh waktu panjang untuk memperkenalkan kepada komunitas baru.  Kalau Anda orang Surabaya pasti tahu mereka dimanjakan dengan selera lokal rujak cingur, rawon nguling dan lain-lain. Sedangkan Anda bawa baso ikan pakai cuka.  Astaga bagaimana Anda bawa perasaan (baper) mereka. "Permen kok kayak gini?".  Mereka pasti tersedak.

Bagaimana coba eksperimen menu-menu baru ayam pecel. Fried chicken fillet. pecel atau pecel gurame. Sop konro lebih dekat dengan selera ala rawon iga.  

Atau anda kombinasi dengan ice durian Palembang atau pepes belida. Cobalah eksperimen selera lokal kombinasi dengan ala Melayu Mandailing. Anda baru masuk selera versi 1.01 masih panjang eksperimen Anda seperti Windows versi 10.01.

Ibarat Anda pacaran dengan orang Lebanon pelan-pelan dan butuh waktu sebelum Anda bilang mengajak menikah, dia bisa tersedak kalau Anda buru-buru.

Coba dulu Anda trial makanan Turki, kebab yang asli itu sangat nikmat. Pelan-pelan Anda coba masakan Lebanon akhirnya Anda kenal dengan budaya dan selera Lebanon bukan?.

Ada yang namanya survei uji tingkat kesukaan makanan. Coba pelajari uji organoleptik.  Bagaimana tingkat kesukaan rasa, tekstur, aroma, uji beberapa experimen misalnya pempek bumbu kacang. "Pempek kok rasa cuka?, bo abo dekrema?" Itu pikiran orang Surabaya.


Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya