Jelang Rilis PDB, Rupiah Diprediksi Masih Melemah

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Analis PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih mendekam di zona merah, meski pelemahannya sudah mulai berkurang.

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
Dia memprediksi kurs rupiah terhadap dolar AS akan berada di rentang Rp13.506-13.484 per dolar AS.

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
"Laju rupiah terhadap dolar AS di bawah level support (batas bawah)  Rp13.485 per dolar AS. Kami masih menyarankan untuk menghindari rupiah seiring belum adanya sentimen yang dapat menahan pelemahan tersebut," ujarnya, kepada VIVA.co.id, Rabu 5 Agustus 2015.

Masih berlanjutnya pelemahan pada harga komoditas membuat laju dolar Amerika Serikat mampu melanjutkan penguatannya, sehingga berimbas pada mata uang lainnya.

Di sisi lain, lanjutnya, meski data-data manufaktur AS cenderung melambat, namun indeks manufaktur dari Eropa dan Asia yang variatif cenderung masih melambat, sehingga kurang memberikan amunisi positif bagi laju mata uang Asia menguat.

Akibatnya, kata Reza, laju dolar AS masih cenderung terlihat positif dibandingkan mata uang lainnya. 

Pelaku pasar juga tampaknya pesimis akan rilis data pertumbuhan domestik bruto (PDB) Indonesia hari ini yang belum tentu memberikan sentimen positif bagi rupiah. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya