BI Berharap Pemda Segera Percepat Realisasi Belanja

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id - Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo menghimbau, kepala daerah segera mempercepat realisasi anggaran belanja. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di semester II-2015.
BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor

Anggaran transfer daerah dan dana desa sampai 31 Juli 2015 hanya mencapai Rp389,3 triliun atau 58,6 persen dari pagu anggaran dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp664,6 triliun.
Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

"Kami mengharapkan semua daerah memperhatikan untuk realisasi. Kami lihat, dana desa sudah diturunkan tapi masih tersendat di kabupaten," kata Agus di kantor Menteri Keuangan, Jakarta, Jumat, 7 Agustus 2015.
Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun

Pemerintah daerah memerlukan konsolidasi untuk bisa mempercepat realisasi belanjanya. Agus menilai, realisasi belanja antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat berbeda.

"Kalau pemerintah pusat bisa dikendalikan. Ada Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA). Kalau daerah, mereka harus inisiatif," ujarnya menambahkan.

Realisasi anggaran belanja itu diharapkan tepat sasaran sesuai kebutuhan pejabat daerah dalam membentuk kebijakan-kebijakan di daerah. Sebab, hal itu mampu membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi di semester II-2015.

"Kami memandang perlu ada pendampingan. Realisasi anggaran nanti itu harus efektif, jadi tidak terjadi kebocoran."

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya