Liburan Ini Tanpa Menguras Dompet

Ilustrasi pasangan liburan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Mulai dari harga tiket pesawat, penginapan, dan tiket masuk lokasi wisata akan naik seiring dolar AS yang menguat terhadap rupiah. Jadi, apakah liburan akan batal karena hal tersebut? Jawabannya adalah tidak.

Tujuh Hotel dengan Layanan Paling Mewah

Jika Anda yang sudah merencanakan liburan di tahun ini, tak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai alternatif tujuan wisata yang bisa dipilih. Selanjutnya, Anda bisa menyiasati liburan agar tidak menguras kantong dengan memilih tiga destinasi wisata berikut ini. 

Jika Bisa ke Asia, Kenapa Harus Eropa

Karena naiknya nilai tukar dolar AS, maka jika Anda hendak berlibur ke kawasan Eropa atau Amerika, pengeluaran Anda pun akan besar. Karena itu, pilihlah negara-negara di Asia yang memiliki nilai tukar mata uang lebih rendah dibandingkan dolar AS, seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, Nepal, dan Korea Selatan.

Ada beberapa lokasi wisata menarik di negara-negara Asia tersebut, misal Kuil Patung Emas Buddha di Thailand, Angkor Wat di Kamboja, Danau Ho Tay di Vietnam, Mount Everest di Nepal, dan Istana Changdeok di Korea Selatan.
 
Pilih negara yang berbiaya hidup murah

Tujuan wisata lain yang bisa dipilih adalah negara dengan biaya hidup murah. Pada Januari 2015, Numbeo.com, situs yang mencantumkan data harga dari berbagai kota dan negara, merilis 10 negara dengan biaya hidup termurah.

Urutannya adalah India, Nepal, Pakistan, Tunisia, Aljazair, Moldova, Mesir, Makedonia, Suriah, dan Kolombia.  Riset tersebut berdasarkan enam indikator yang menunjukan tingkat belanja penduduk sebuah negara, yakni harga barang, biaya sewa, ritel, restoran, harga barang ditambah biaya sewa, dan kemampuan daya beli masyarakat. (Baca juga: Kurang dari 10 Dolar, Liburan ke Luar Negeri Dilakukan Tanpa Khawatir)

Pilih tujuan lokal

Kabar baiknya, tidak jauh dari 10 negara dalam daftar Numbeo.com di atas, ternyata Indonesia menduduki peringkat 12 dari negara berbiaya hidup termurah. Dengan begitu, maka solusi lain bagi yang ingin berlibur tanpa menguras kantong adalah berlibur di dalam negeri.

Kelebihannya, Anda pun tak perlu menukar mata uang untuk menikmati liburan domestik. Bahkan, ragam jenis wisata bisa dilakukan di Indonesia, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, wisata religi, hingga wisata kuliner. (Baca juga: Saat Liburan, Ini Mitos Kenapa Anda Tidak Butuh Asuransi Perjalanan)

(ren)













Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016