Mau Biayai Kuliah dari Kantong Pribadi, Ini Tipsnya

Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Tidak hanya mengurangi beban orangtua, membayar kuliah dengan biaya yang diperoleh sendiri, dapat memberi kebanggaan tersendiri. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Meskipun tidak semudah teorinya, namun, kuliah dengan biaya sendiri mengajarkan Anda untuk lebih bersemangat serta menghargai pendidikan yang Anda jalani.

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Banyak jalan menuju Roma, artinya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membayar uang kuliah tanpa harus membebankan orang tua.

Berikut berbagai cara yang dapat Anda lakukan, agar bisa kuliah dengan membiayai kuliah dengan usaha sendiri : 

1. Kerja sampingan

Kerja sambil kuliah bukanlah lagi menjadi hal yang baru sekarang. Melihat banyaknya sekolah tinggi, atau universitas yang menerapkan jadwal kuliah malam pada mahasiswanya, memudahkan Anda untuk dapat kuliah sambil bekerja. Beberapa bahkan membuka kelas Sabtu-Minggu bagi mahasiswanya. 

Jika memungkinkan, carilah pekerjaan yang masih berhubungan dengan jurusan kuliah yang kamu pilih. Selain bisa menambah ilmu di bidang yang kamu geluti, juga dapat mempermudah kamu dalam menjalani pekerjaan.

Yang terpenting adalah disiplin dalam mengatur waktu antara pekerjaan dan kuliah, jangan sampai pekerjaan mengganggu jam kuliah Anda, atau sebaliknya. 
Pertimbangkan dengan baik jenis pekerjaan yang akan dipilih, serta waktu kerja yang memungkinkan.  

2. Mencari beasiswa

Berbagai beasiswa banyak ditawarkan, baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Anda bisa memilih dan mencari beasiswa seperti apa yang cocok. 

Beberapa lembaga menawarkan beasiswa penuh bagi mahasiswanya yang berprestas,i dengan minimal IPK 3,2, atau 3. Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan akademik yang memumpuni, agar dapat bersaing dengan calon penerima beasiswa lain. 

Namun, ada juga beberapa lembaga, atau sekolah tinggi bahkan memberikan beasiswa full kepada mahasiswanya, dengan syarat Anda mengembalikan uang kuliah, setelah lulus kuliah dengan hasil kerja yang Anda dapatkan secara mengangsur. Menarik bukan?  

3. Menjalankan hobi

Yap! Hobby juga dapat menjadi alternatif Anda untuk membiayai kuliah Anda. Mulailah menekuni hobi Anda dengan serius, hingga akhirnya menghasilkan uang yang cukup untuk membiayai kuliah Anda. Walaupun mungkin tidak akan bisa memenuhi semuanya, namun menyenangkan bukan jika Anda menghasilkan uang dari apa yang Anda sukai. 

Jika Anda suka dengan dunia tulis menulis, Anda bisa mulai membuat blog. Dari sana, nantinya Anda bisa menjual tempat untuk pemasangan iklan, atau jika Anda hobi memotret Anda bisa mencoba menjadi fotografer di acara teman-teman dan kerabat, atau jika Anda juga bisa menjual gambar yang Anda hasilkan di beberapa website fotografi. 

Gunakan talenta yang Anda miliki untuk menghasilkan uang yang Anda butuhkan.



4. Mencari pinjaman

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencari pinjaman. Namun, ada hal yang harus diperhatikan. Jangan tergoda untuk meminjam pada rentenir, walaupun tampak mudah, namun bunga yang tinggi akan menyulitkan dalam hal pelunasan. 

Yang perlu Anda ketahui, karena tidak diatur oleh hukum pihak rentenir bebas menetapkan jumlah bunga yang dikenakan terhadap Anda.

Hal yang paling memungkinkan bagi Anda adalah meminjam melalui KTA, atau Kredit Tanpa Agunan dan Pinjaman Dengan Jaminan. Namun, beberapa syarat harus dipenuhi terlebih dahulu, seperti Anda harus punya pekerjaan tetap, atau kartu kredit. 

Kemudian. Anda harus menghitung semua biaya yang butuhkan selama masa pendidikan di perguruan tinggi, serta berapa banyak pinjaman yang Anda butuhkan untuk itu. Jangan lupa hitung besarnya bunga yang harus Anda bayarkan, serta berapa biaya bunga ditetapkan.


Keempat langkah tersebut tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan jika Anda tidak Fokus pada tujuan. Misalnya untuk apa Anda kuliah menjadi hal yang terpenting. 

Untuk itu, sangat disarankan sekali Anda memilih tempat pendidikan yang sesuai dengan minat dan kemampuan keuangan Anda. Hitung semua biaya yang dibutuhkan selama kuliah, mulai dari biaya akademik hingga biaya lain-lain yang akan dikeluarkan selama kuliah nanti. 

Yang terpenting adalah fokus dengan apa yang menjadi tujuan Anda kuliah. Dengan begitu, setiap kali Anda kehilangan semangat, atau lelah dengan kegiatan kuliah dan pekerjaan, Anda tidak akan mudah menyerah begitu saja. Sebab, sesuatu yang sesuatu akan terasa sangat berarti jika diperjuangkan dengan sungguh-sungguh.


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya